PENGARUH TERPAAN KONTEN INSTAGRAM REELS TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN MENTAL MAHASISWA (Pengaruh Terpaan Konten Instagram Reels @Adjiesantosoputro Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Mental Mahasiswa)

TIARSO, ZEFANYA PILAR (2023) PENGARUH TERPAAN KONTEN INSTAGRAM REELS TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN MENTAL MAHASISWA (Pengaruh Terpaan Konten Instagram Reels @Adjiesantosoputro Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Mental Mahasiswa). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (ZEFANYA PILAR TIARSO)
190907088 0.pdf

Download (848kB)
[img] Text
190907088 1.pdf

Download (591kB)
[img] Text
190907088 2.pdf

Download (540kB)
[img] Text
190907088 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
190907088 4.pdf

Download (1MB)

Abstract

Era digital dan sosial media saat ini memberikan banyak kehidupan bagi masyarakat, khususnya dalam kehidupan sosial. Instagram menjadi contoh media sosial yang begitu populer di dunia. Adjie Santosputro yang merupakan subjek dalam penelitian ini dikenal sebagai salah satu influencer ternama yang kerap kali membagikan konten-konten terkait kesehatan mental di akun Instagramnya. Penelitian ini berfokus pada terpaan konten Instagram Reels @Adjiesantosoputro terhadap tingkat pengetahuan tentang kesehatan mental mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode penyebaran angket atau kuesioner kepada 405 responden mahasiswa yang mengikuti konten Instagram Reels @Adjiesantosoputro. Untuk mengukur pengaruh tersebut, terpaan konten digunakan sebagai tolak ukur dengan usia dan tingkat ekonomi sebagai variabel moderasi untuk mengatahui pengaruhnya terhadap tingkat pengetahuan tentang kesehatan mental mahasiswa yang mengikuti Adjie Santosoputro Temuan data pada penlitia menunjukkan hasil bahwa terpaan konten Instagram Reels @Adjiesantosoputro memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan tentang kesehatan mental mahasiswa. Selain itu, usia dan tingkat ekonomi menjadi faktor yang mampu memoderasi atau meningkatkan pengaruh terpaan konten tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Stimulus, Organisme, Respon, Adjie Santosoputro, Kesehatan Mental
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 06 Mar 2024 18:51
Last Modified: 06 Mar 2024 18:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31371

Actions (login required)

View Item View Item