PENGARUH REPUTASI DAN DAYA TARIK PERUSAHAAN TERHADAP NIAT UNTUK MELAMAR

Tesen, Filipus (2024) PENGARUH REPUTASI DAN DAYA TARIK PERUSAHAAN TERHADAP NIAT UNTUK MELAMAR. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Filipus Tesen)
180323981_Bab 0.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180323981_Bab 1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180323981_Bab 2.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
180323981_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
180323981_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
180323981_Bab 5.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reputasi dan daya tarik perusahaan terhadap niat melamar perusahaan pada mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan variabel independen adalah reputasi perusahaan dan daya tarik perusahaan, sedangkan variabel dependen adalah niat melamar perusahaan. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang di isi oleh 73 responden dari para mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Atma Jaya Yogyakarta semester 6, 8 dan > 8 pada Februari sampai Maret 2023. Pilihan perusahaan didasarkan pada hasil survei Deka Insight tahun 2020 yang menempatkan Tokopedia dan Pertamina sebagai pilihan teratas para pencari kerja lulusan universitas. Adapun data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda yang dibantu software IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 65,75% responden memilih Tokopedia dan 34,25% responden memilih Pertamina. Uji regresi berganda pengaruh reputasi perusahaan terhadap niat melamar memperoleh nilai t hitung sebesar 3,785 dengan signifikansi 0,00 < 0,05 dan nilai koefisien positif sebesar 0,626. Uji regresi berganda pengaruh daya tarik perusahaan terhadap niat melamar memperoleh nilai t hitung senilai 3,634 dengan signifikansi 0,01 < 0,05 dan nilai koefisien positif sebesar 0,556. Dengan demikian, reputasi perusahaan dan daya tarik perusahaan berpengaruh positif terhadap niat melamar perusahaan, dan mendukung hasil penelitian Sharma dan Prasad. Adapun pengaruh reputasi dan daya tarik perusahaan terhadap niat melamar pada mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Atma Jaya Yogakarta ke perusahaan Tokopedia maupun Pertamina sebesar 45,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: reputasi perusahaan, daya tarik perusahaan, niat melamar, Tokopedia, Pertamina
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 May 2024 18:42
Last Modified: 13 May 2024 18:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31639

Actions (login required)

View Item View Item