PERILAKU PARASOCIAL RELATIONSHIP FOLLOWERS DENGAN ALTERNATE UNIVERSE (Kasus Fenomena Alternate Universe Karakter Selebriti K-Pop “Haechan NCT” di X)

Kusnarathadewi, Atika (2024) PERILAKU PARASOCIAL RELATIONSHIP FOLLOWERS DENGAN ALTERNATE UNIVERSE (Kasus Fenomena Alternate Universe Karakter Selebriti K-Pop “Haechan NCT” di X). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Atika Kusnarathadewi)
170906293_Bab 0.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906293_Bab 1.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
170906293_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
170906293_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img]
Preview
Text
170906293_Bab 4.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Pecinta K-Pop adalah salah satu komunitas yang paling banyak menciptakan, membaca serta menikmati fanfiction Alternate Universe di media sosial X. Kegiatan menggemari tulisan fiksi tersebut hingga pada tahap hubungan terus menerus namun sepihak dengan menggunakan media sosial sebagai mediasinya yang disebut dengan parasocial relationship. Parasocial relationship yang dilakukan oleh Followers merasa bahwa mereka dapat melakukan hubungan secara langsung dengan para idolanya yang dijadikan sebagai karakter AU, berimajinasi bahwa cerita itu merupakan cerita yang nyata dan menjadikan hal hal tadi menjadi sebuah timbal balik yang didapatlan oleh followers, (Cohen,, 2014:hal. 15). Penelitian ini bertujuan untuk meneliti parasocial relationship yang dilakukan oleh followers media sosial X terhadap konten Alternate Universe. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan tahapan dan proses parasocial relationship dan faktor yang mendorong terjadinya hal tersebut yang dilakukan oleh pembaca alternate universe. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori Parasocial Relationship oleh Weaver (1993). Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara dengan followers X yang merupakan pembaca setia Alternate Universe Haechan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi secara online. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa temuan lapangan, dapat disimpulkan bahwa followers atau pembaca setia Alternate Universe Haechan melewati tiga tahapan dalam proses parasocial relationship yaitu ketertarikan, melakukan interaksi dan ketergantungan. Faktor yang mendorong terjadinya parasocial relationship yaitu rasa kesepian, frekuensi penggunaan media sosial dan adanya hubungan yang terpenuhi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Parasocial Relationship, Alternate Universe, K-Pop
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 04 Jun 2024 16:18
Last Modified: 04 Jun 2024 16:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31756

Actions (login required)

View Item View Item