PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES KONTEN PADA AKUN TIKTOK @VMULIANA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS MENGENAI EDUKASI KARIER

BR. Tanggang, Arganita (2024) PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES KONTEN PADA AKUN TIKTOK @VMULIANA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS MENGENAI EDUKASI KARIER. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Arganita BR. Tanggang)
180906772_Bab 0.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906772_Bab 1.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
180906772_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
180906772_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img]
Preview
Text
180906772_Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingkat mengakses media sosial di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh We Are Social, masyarakat mengakses media sosial untuk mencari kebutuhan informasi berada di posisi pertama. TikTok adalah salah satu media sosial yang paling tinggi penggunanya di Indonesia. Banyak kreator konten atau influencer di TikTok yang membagikan konten mengenai banyak hal, salah satunya adalah edukasi mengenai karier. Salah satu kreator konten yang memiliki followers tertinggi yang berfokus pada konten edukasi karier adalah Vina Muliana (@vmuliana). Melalui media sosial TikTok, Vina Muliana melakukan aktivitas komunikasi pada media baru untuk terhubung dengan followers-nya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara intensitas mengakses konten pada akun TikTok @vmuliana terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers mengenai edukasi karier. Sampel yang dibutuhkan untuk penelitian ini adalah 100 followers dari akun TikTok @vmuliana berusia 18-34 tahun dan aktif mengakses serta menonton konten edukasi karier dari akun TikTok @vmuliana. Penelitian dengan pendekatan eksplanatif kuantitatif dengan dua variabel ini menggunakan uji regresi linear sederhana untuk membuktikan hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan antara intensitas mengakses konten pada akun TikTok @vmuliana terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers mengenai edukasi karier. Didapati bahwa kekuatan pengaruhnya sebesar 30,8% yang membuktikan bahwa ada 69,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Mengakses, Pemenuhan Kebutuhan Informasi.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 06 Jun 2024 15:45
Last Modified: 06 Jun 2024 15:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31771

Actions (login required)

View Item View Item