PANDANGAN WARGA MENGENAI FASILITAS INTERNET GRATIS OLEH DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK DAN PERSANDIAN (DKISP) DI RSUD LUWUK KABUPATEN BANGGAI SULAWESI TENGAH

Boyoh, Ignatius Daniel Abraham Charles (2024) PANDANGAN WARGA MENGENAI FASILITAS INTERNET GRATIS OLEH DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK DAN PERSANDIAN (DKISP) DI RSUD LUWUK KABUPATEN BANGGAI SULAWESI TENGAH. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Ignatius Daniel Abraham Charles Boyoh)
170906328_Bab 0.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906328_Bab 1.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906328_Bab 2.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text
170906328_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img]
Preview
Text
170906328_Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program internet gratis oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai bertujuan untuk memperluas jaringan internet gratis di lokasi-lokasi strategis yang sering dijadikan tempat istirahat masyarakat. Tujuan utama program ini adalah memastikan akses internet yang mudah dijangkau oleh masyarakat, sehingga mereka dapat menggunakannya dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan program internet gratis yang disediakan oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai. Program ini memberikan akses internet kepada masyarakat dengan harapan dapat meningkatkan komunikasi, akses informasi, dan literasi digital. Penelitian ini dilakukan di beberapa lokasi yang menyediakan internet gratis, seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan program internet gratis ini, meskipun sudah disediakan oleh pemerintah. Observasi dan wawancara dengan masyarakat menunjukkan bahwa fasilitas ini belum dimanfaatkan secara optimal, dengan mayoritas pengguna lebih banyak menggunakan internet untuk hiburan seperti media sosial dan permainan daring. Hal ini menunjukkan bahwa program ini belum sepenuhnya mencapai tujuan utamanya dalam meningkatkan literasi digital dan komunikasi efektif di masyarakat. Temuan ini mengindikasikan perlunya upaya lebih lanjut dari pihak DKISP dalam mensosialisasikan program ini dan memastikan akses internet tersedia di lebih banyak lokasi strategis. Selain itu, diperlukan edukasi lebih lanjut kepada masyarakat mengenai manfaat penggunaan internet yang lebih produktif. Dengan demikian, program internet gratis ini dapat memberikan dampak positif yang lebih signifikan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Kabupaten Banggai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Internet Gratis, DKISP, Masyarakat Kabupaten Banggai
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 08 Aug 2024 15:15
Last Modified: 08 Aug 2024 15:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32083

Actions (login required)

View Item View Item