IMPLEMENTASI STRATEGI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KOMINFODIY SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI LEMBAGA PEMERINTAH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Damarsasi, Maria Aegyptia Nadia (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KOMINFODIY SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI LEMBAGA PEMERINTAH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Maria Aegyptia Nadia Damarsasi)
170906333_Bab 0.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906333_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906333_Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
170906333_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
170906333_Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia sangatlah pesat. Pada tahun 2024 hampir setengah dari populasi di Indonesia aktif menggunakan media sosial sebagai media untuk terhubungan dengan internet dan informasi. Oleh karena itu penggunaan media sosial dalam lembaga pemerintah dapat bermanfaat bagi perluasan informasi terkait isu maupun kebijakan pemerintah. Hanya saja media sosial memerlukan strategi pengelolaan yang terstruktur untuk dapat dirasakan manfaatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari strategi media sosial Instagram @kominfodiy sebagai media komunikasi lembaga pemerintah. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara dengan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo DIY, Koordinator Tim Media Sosial, dan Tenaga Ahli (TA) Pengelola Media Sosial, serta melakukan observasi pada akun Instagram @kominfodiy. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori komunikasi pemerintah (Silalahi, 2004), strategi media sosial (Sutherland, 2021) dan media sosial berbasis pemerintah (Khan, 2017). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi strategi media sosial Instagram @kominfodiy dipahami sebagai sebuah proses. Kesimpulannya implementasi strategi media sosial Instagram @kominfodiy adalah melakukan proses evaluasi dan perencanaan pembutan konten Instagram yang terstruktur setiap bulan. Harapannya @kominfodiy dapat mendapatkan jangkauan audiens masyarakat yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Media Sosial, Instagram, Lembaga Pemerintah, Media Sosial Berbasis Pemerintahan.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 08 Aug 2024 15:20
Last Modified: 08 Aug 2024 15:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32084

Actions (login required)

View Item View Item