PEMANFAATAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PERSONAL BRANDING PENYIAR RADIO KANI RARAS (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun TikTok @kkaniraras)

Bagaskara, Danan Anggita (2024) PEMANFAATAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PERSONAL BRANDING PENYIAR RADIO KANI RARAS (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun TikTok @kkaniraras). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Danan Anggita Bagaskara)
180906791_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906791_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906791_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
180906791_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180906791_Bab 4.pdf

Download (894kB) | Preview

Abstract

TikTok menjadi media sosial yang paling sering digunakan oleh masyarakat dunia ditengah banyaknya deretan media sosial lain yang bermunculan. Indonesia memiliki pengguna aktif TikTok berada di urutan kedua terbesar di dunia dengan jumlah 99 juta. Melihat TikTok menjadi media sosial favorit di kalangan masyarakat akhirnya dimanfaatkan pula untuk sarana bisnis bagi banyak profesi, termasuk penyiar radio. Kani Raras adalah salah satu penyiar radio yang aktif memanfaatkan TikTok untuk membagikan konten dengan konsep yang tidak meninggalkan ciri khas dirinya sebagai penyiar radio, sekaligus sebagai media personal branding. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, yang mengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan TikTok sebagai media personal branding penyiar radio Kani Raras. Sejak tahun 2018, Kani Raras memiliki self presentation sebagai seorang penyiar radio dan mulai memanfaatkan TikTok sebagai media personal branding di tahun 2021 melalui konten yang diunggahnya. Dengan memanfaatkan TikTok sebagai media personal branding, Kani Raras mengimplementasikan delapan konsep personal branding yang dijabarkan oleh Montoya & Vandehey (2002), yaitu sepesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, terlihat, kesatuan, keteguhan dan nama baik. Pada proses pengimplementasian tersebut, Kani Raras masih membutuhkan eksplorasi diri lebih dalam mengenai keahlian guna pengembangan diri, serta pengunggahan konten yang konsisten. Selain itu, Kani Raras harus memaksimalkan fitur TikTok yang dirinya gunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, TikTok, Penyiar Radio
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 09 Aug 2024 16:57
Last Modified: 09 Aug 2024 16:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32114

Actions (login required)

View Item View Item