Kristanto, Yohanes (2010) OPINI TERHADAP PROGRAM ACARA MOTIVASI MARIO TEGUH “GOLDEN WAYS” DI METRO TV (Studi pada Masyarakat di Padukuhan Tambakbayan, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM01801.pdf Download (915kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM01801.pdf Download (128kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM01801.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM01801.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM01801.pdf Download (549kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan kehidupan masyarakat yang dinamis dan komplek menimbulkan adanya opini, baik itu opini personal maupun opini publik. Opini personal (personal opinion) tidak akan menimbulkan masalah karena merupakan pendapat seseorang atau opini individu. Permasalahan akan terjadi apabila opini itu menjadi opini publik (public opinion), karena opini tersebut menyangkut orang banyak yang berkaitan dengan kepentingan orang banyak (Effendy, 1986:7). Lalu secara sederhana faktor yang membentuk opini dikenal dengan istilah ABC’s of attitude yaitu Affective (perasaan atau emosi), Behavior (tingkah laku), Cognition (penalaran) (Ruslan, 1998:67). Kemudian ada tiga jenis opini yang dikeluarkan oleh seseorang (Moore, 1987:52): a. Positif; b. Pasif; c. Negatif. Penelitian ini meninjau opini terhadap program acara motivasi Mario Teguh “Golden Ways” di Metro TV menggunakan analisis kuantitatif sebagai metode. Melibatkan 30 responden yang merupakan masyarakat di Padukuhan Tambakbayan, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang pernah menonton program acara Talkshow”Golden Ways” . Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling, cara analisis menggunakan distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama, Mayoritas responden memberikan opini yang pasif tentang Program Talkshow”Golden ways”di Metro TV. Kedua, tidak adanya hubungan antara jenis kelamin responden dengan opini tentang Program Talkshow “Golden Ways”. Hal ini terjadi karena program acara “Golden Ways” bukan merupakan suatu program acara yang mengelompokkan target pemirsanya pada kelompok jenis kelamin tertentu. Program acara ini merupakan suatu program acara motivasi yang bertujuan untuk memberikan penyegaran dan penyemangatan pada pemirsanya dalam berusaha. Ketiga, ada hubungan antara pendidikan responden dengan opini tentang Program Talkshow”Golden Ways”. Semakin tinggi pendidikan responden maka makin positif pula opini responden tentang isi suatu program acara. Keempat, ada hubungan antara pendapatan responden dengan opini tentang Program Talkshow “Golden Ways”. Semakin tinggi pendapatan responden maka akan semakin positf pula opini responden tentang isi suatu program acara. Pendapatan berkaitan dengan pekerjaan responden. Semakin tinggi pendapatan responden maka semakin baik pula pekerjaan responden. Kelima, ada hubungan antara pekerjaan responden dengan opini tentang Program Talkshow”Golden Ways”.Semakin responden bekerja pada sektor yang penuh tantangan seperti swasta dan profesional, maka akan semakin positif pula opini responden tentang isi suatu program acara
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi > Kajian Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 11:15 |
Last Modified: | 18 Jul 2013 11:15 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3214 |
Actions (login required)
View Item |