OPINI TERHADAP PROGRAM ACARA MOTIVASI MARIO TEGUH “GOLDEN WAYS” DI METRO TV (Studi pada Masyarakat di Padukuhan Tambakbayan, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta)

Kristanto, Yohanes (2010) OPINI TERHADAP PROGRAM ACARA MOTIVASI MARIO TEGUH “GOLDEN WAYS” DI METRO TV (Studi pada Masyarakat di Padukuhan Tambakbayan, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM01801.pdf

Download (894Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM01801.pdf

Download (125Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM01801.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM01801.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM01801.pdf

Download (536Kb)

Abstract

Perkembangan kehidupan masyarakat yang dinamis dan komplek menimbulkan adanya opini, baik itu opini personal maupun opini publik. Opini personal (personal opinion) tidak akan menimbulkan masalah karena merupakan pendapat seseorang atau opini individu. Permasalahan akan terjadi apabila opini itu menjadi opini publik (public opinion), karena opini tersebut menyangkut orang banyak yang berkaitan dengan kepentingan orang banyak (Effendy, 1986:7). Lalu secara sederhana faktor yang membentuk opini dikenal dengan istilah ABC’s of attitude yaitu Affective (perasaan atau emosi), Behavior (tingkah laku), Cognition (penalaran) (Ruslan, 1998:67). Kemudian ada tiga jenis opini yang dikeluarkan oleh seseorang (Moore, 1987:52): a. Positif; b. Pasif; c. Negatif. Penelitian ini meninjau opini terhadap program acara motivasi Mario Teguh “Golden Ways” di Metro TV menggunakan analisis kuantitatif sebagai metode. Melibatkan 30 responden yang merupakan masyarakat di Padukuhan Tambakbayan, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang pernah menonton program acara Talkshow”Golden Ways” . Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling, cara analisis menggunakan distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama, Mayoritas responden memberikan opini yang pasif tentang Program Talkshow”Golden ways”di Metro TV. Kedua, tidak adanya hubungan antara jenis kelamin responden dengan opini tentang Program Talkshow “Golden Ways”. Hal ini terjadi karena program acara “Golden Ways” bukan merupakan suatu program acara yang mengelompokkan target pemirsanya pada kelompok jenis kelamin tertentu. Program acara ini merupakan suatu program acara motivasi yang bertujuan untuk memberikan penyegaran dan penyemangatan pada pemirsanya dalam berusaha. Ketiga, ada hubungan antara pendidikan responden dengan opini tentang Program Talkshow”Golden Ways”. Semakin tinggi pendidikan responden maka makin positif pula opini responden tentang isi suatu program acara. Keempat, ada hubungan antara pendapatan responden dengan opini tentang Program Talkshow “Golden Ways”. Semakin tinggi pendapatan responden maka akan semakin positf pula opini responden tentang isi suatu program acara. Pendapatan berkaitan dengan pekerjaan responden. Semakin tinggi pendapatan responden maka semakin baik pula pekerjaan responden. Kelima, ada hubungan antara pekerjaan responden dengan opini tentang Program Talkshow”Golden Ways”.Semakin responden bekerja pada sektor yang penuh tantangan seperti swasta dan profesional, maka akan semakin positif pula opini responden tentang isi suatu program acara

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jul 2013 11:15
Last Modified: 18 Jul 2013 11:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3214

Actions (login required)

View Item View Item