PENGARUH TERPAAN KONTEN KAMPANYE #GERAKBERSAMA DI INSTAGRAM @KOMNASPEREMPUAN TERHADAP SIKAP FOLLOWERS DALAM MENGURANGI TINDAK KEKERASAN SEKSUAL DI INDONESIA

Reynaldi, Gerard Christian (2024) PENGARUH TERPAAN KONTEN KAMPANYE #GERAKBERSAMA DI INSTAGRAM @KOMNASPEREMPUAN TERHADAP SIKAP FOLLOWERS DALAM MENGURANGI TINDAK KEKERASAN SEKSUAL DI INDONESIA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Gerard Christian Reynaldi)
190906988_Bab 0.pdf

Download (4MB)
[img] Text
190906988_Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
190906988_Bab 2.pdf

Download (593kB)
[img] Text
190906988_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
190906988_Bab 4.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan konten kampanye #GerakBersama di Instagram @komnasperempuan terhadap sikap followers dalam mengurangi tindak kekerasan seksual di Indonesia. Kampanye ini dilaksanakan mulai dari bulan Oktober 2023 hingga Desember 2023 dengan tagline “Kenali Hukumnya, Lindungi Korban!”. Kampanye ini didasari atas dasar keinginan Komnas Perempuan untuk mengajak semua orang terlibat dalam penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan berharap dengan kampanye ini ada penurunan kasus tindak kekerasan terhadap perempuan. Melalui konten kampanye #GerakBersama yang digaungkan di Instagram @komnasperempuan, peneliti ingin melihat perubahan tingkah laku dari followers yang merupakan efek pesan kampanye oleh Komnas Perempuan yakni #GerakanBersama. Teori yang digunakan pada penelitian ini dilandasi oleh teori Stimulus-Respons untuk melihat pesan komunikasi yang disampaikan Komnas Perempuan pada konten kampanye #GerakBersama menimbulkan respon tindakan pada followers yang diterpa konten tersebut. Variabel bebas pada penelitian ini adalah terpaan media yang akan diukur dengan menggunakan 3 indikator diantaranya frekuensi, durasi, dan atensi (Rakhmat, 2004). Sementara itu, variabel terikat pada penelitian ini adalah sikap followers Instagram @komnasperempuan dalam mengurangi kasus tindak kasus kekerasan seksual di Indonesia. Variabel sikap akan diukur dengan menggunakan 3 indikator, diantaranya adalah kognitif, afektif, dan konatif (Liliweri, 2009). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap followers akun @komnasperempuan. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara online menggunakan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara terpaan konten kampanye #GerakBersama dengan sikap followers dalam mengurangi tindak kekerasan seksual di Indonesia. Pengaruh yang dimunculkan dari variabel terpaan konten kampanye terhadap sikap followers adalah sebesar 42,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Konten Kampanye, Sikap Followers, Kekerasan Seksual, Komnas Perempuan, #GerakBersama
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Nov 2024 11:51
Last Modified: 25 Nov 2024 11:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32952

Actions (login required)

View Item View Item