Dhamayanti, Yoana Francisca Novia (2025) PERAN MEDIASI KINERJA DAN KEPUASAN KERJA DALAM PENGARUH GAYA KEPUTUSAN PIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP NIAT UNTUK TINGGAL (Studi pada Guru di Sekolah Yayasan Marsudirini). S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Yoana Francisca Novia Dhamayanti)
235027844_Bab 0.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
235027844_Bab 1.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
235027844_Bab 2.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
235027844_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
![]() |
Text
235027844_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
![]() |
Text
235027844_Bab 5.pdf Download (442kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh iklim sekolah, gaya pengambilan keputusan kepemimpinan, kepuasan kerja, dan kinerja guru terhadap niat guru untuk tetap bertahan di institusi pendidikan. Niat untuk tetap bertahan dalam sebuah organisasi merupakan kunci dalam menjaga kepuasan dan retensi karyawan, yang dipengaruhi oleh motivasi individu, lingkungan kerja, dan kondisi eksternal (Qian, H. et al., 2024). Dalam konteks pendidikan, mempertahankan guru berprestasi sangat penting untuk memastikan kesinambungan pembelajaran dan menghindari dampak negatif dari turnover, seperti terganggunya pencapaian akademik siswa dan biaya terkait rekrutmen serta pelatihan ulang (Schuster, 2022; Martinsone et al., 2024). Stabilitas tenaga pengajar menjadi strategi utama dalam menjamin kualitas pendidikan yang berkelanjutan dan efektif. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, desain eksplanatori, dan teknik purposive sampling, penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner daring berbasis skala Likert dari 200 guru SMP dan SMA di 16 sekolah berbasis keagamaan di Pulau Jawa. Temuan penelitian ini menyoroti pentingnya iklim sekolah yang positif dan gaya kepemimpinan partisipatif dalam meningkatkan kinerja guru, kepuasan kerja, dan retensi. Kinerja guru terbukti memediasi hubungan antara kepuasan kerja dan niat untuk tetap bertahan, memperkuat teori tentang peran lingkungan kerja dalam pendidikan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi baik secara teoretis maupun praktis, termasuk rekomendasi strategis bagi pimpinan sekolah untuk meningkatkan retensi guru dan kualitas pendidikan. Secara praktis, pimpinan sekolah disarankan untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung, yang dapat meningkatkan kepuasan kerja dan kinerja guru, serta melibatkan guru dalam pengambilan keputusan strategis. Kebijakan yang mendukung kesejahteraan guru dan stabilitas tenaga pengajar sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | niat untuk tetap bertahan; kepuasan kerja; gaya kepemimpinan; iklim sekolah; kinerja guru. |
Subjects: | Magister Manajemen > Sumber Daya Manusia |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 09:01 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 09:01 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |