CONSUMER INSIGHTS DALAM PEMILIHAN VENDOR WEDDING DI DIY TAHUN 2012-2013

Hartanto, Adriyanie Laurensia (2013) CONSUMER INSIGHTS DALAM PEMILIHAN VENDOR WEDDING DI DIY TAHUN 2012-2013. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM17544.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM17544.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM17544.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM17544.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM17544.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM17544.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menelaah proses pengambilan keputusan pemilihan vendor –vendor untuk wedding ceremony. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui metode etnografi yaitu wawancara mendalam (in depth interview) dan melakukan observasi kepada pasangan yang akan menikah dan telah menikah, partisipan berasal dari kota Yogyakarta. Data sekunder diperoleh melalui website www.weddingku.com dan website yang memuat berita tentang pesta pernikahan. Selanjutnya analisis isi digunakan untuk mengetahui pengetahuan konsumen mengenai vendor wedding, pesta pernikahan yang diinginkan konsumen, proses pengambilan keputusan, sudut pandang konsumen dalam pemilihan vendor wedding, dan sudut pandang konsumen mengenai wedding decoration. Berdasarkan hasil penelitian proses pengambilan keputusan dalam pemilihan vendor wedding dimulai dari pencarian informasi vendor wedding melalui relasi, teman, keluarga atau saudara, mendatangi pesta pernikahan, melalui media promosi perusahaan, dan vendor tersebut memang sudah dikenal oleh konsumen. Konsumen akan memilih vendor yang disiplin, kreatif, berorientasi pada hasil atau kualitas, professional, harga bersaing, dan sumber daya manusia yang komunikatif, popularitas vendor weddingnya, reputasi, dan konsep yang ditawarkan. Wedding decoration dalam persepsi konsumen yaitu dekorasi dapat digunakan untuk menghindari kejenuhan bagi tamu-tamunya, dekorasi menjadi first impression, membangun ambience dan atmosfer, dekorasi juga menjadi salah satu yang menentukan tema wedding. Saat ini konsumen memiliki kecenderungan menginginkan pesta pernikahan yang lebih santai, simpel, tidak kaku, tidak formal, dan dapat berinteraksi kepada tamu yang hadir dengan lebih intim. Pada generasi saat ini terdapat pergeseran keterlibatan orang tua dalam mengadakan pesta pernikahan. Orang tua tidak lagi menjadi satu-satunya orang yang mempengaruhi keputusan kedua calon mempelai dalam memilih sebuah vendor wedding. Saat ini calon mempelai juga dipengaruhi oleh teman-teman dan pasangannya dalam memilih vendor wedding.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: consumer insights, vendor wedding, pesta pernikahan.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Sep 2013 09:34
Last Modified: 23 Sep 2013 09:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3912

Actions (login required)

View Item View Item