VICI AJISAKSONO, YOHANNES (2014) EFEKTIVITAS PRODUCT PLACEMENT DALAM GAME ONLINE(Studi Deskriptif Kuantitatif Efektivitas Product Placement Specs buktikan Indonesiamu pada Game Online Footballsaga 2 Berdasarkan EPIC Model oleh Member Forum di forum.footballsaga.com). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
KOM003402.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab I)
KOM103402.pdf Download (478kB) |
|
Text (Bab II)
KOM203402.pdf Download (2MB) |
|
Text (Bab III)
KOM303402.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Bab IV)
KOM403402.pdf Download (2MB) |
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana efektivitas product placement Specs pada game online Football Saga 2 berdasarkan EPIC model oleh member forum di forum.footballsaga.com. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Penelitian survey merupakan suatu upaya pengumpulan informasi dari sebagian populasi yang telah dianggap mewakili jumlah populasi tertentu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif untuk mengetahui keadaan mengenai apa dan bagaimana, berapa, sejau manad dari variabel yang diteliti. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini diperoleh pada dimensi E,P dan I pada EPIC menunjukkan angka efektif, sedangkan untuk dimensi C pada skala sangat efektif. Hal ini menunjukkan bila product placement pada game online telah dapat diterima oleh masyarakat. Kemudian setelah penelitian ini dilaksanakan ada beberapa saran untuk penelitian selanjutnya. Saran akademis, diharapkan penelitian selanjutnya menggunakan metode uji lain apabila ingin menghitung tingkat efektivitas seperti Customer Response Index, Consumer Decision Model, maupun Direct Rating Method. Secara praktis, Specs diharapkan dapat mempertahankan penggunanaan media game online dengan meninjau kembali aspek dimensi dampak ( impact ). Aspek yang perlu diperbaiki pada dimensi ini bagian jenis product placement. Product placement Specs yang digunakan harus konsen untuk satu tema program misalnya “buktikan Indonesiamu”. Kemudian diperlukan update produk baru pada product placement mengingat hal yang membedakan game online dengan game offline memang konten dari game yang selalu up-to-date
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, product placement, game online, efektivitas, EPIC |
Subjects: | Komunikasi > Kajian Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 28 Aug 2014 10:04 |
Last Modified: | 28 Aug 2014 10:08 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5696 |
Actions (login required)
View Item |