REPRESENTASI PEREMPUAN DEWASA YANG TERBELENGGU DALAM TAYANGAN IKLAN TELEVISI Analisis Semiotika John Fiske pada Tayangan TVC Tri Always On versi Perempuan

PUTRA, DEDY KUSUMA (2014) REPRESENTASI PEREMPUAN DEWASA YANG TERBELENGGU DALAM TAYANGAN IKLAN TELEVISI Analisis Semiotika John Fiske pada Tayangan TVC Tri Always On versi Perempuan. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM003844.pdf

Download (238kB)
[img] Text (Bab I)
KOM103844.pdf

Download (250kB)
[img] Text (Bab II)
KOM203844.pdf

Download (137kB)
[img] Text (Bab III)
KOM303844.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
KOM403844.pdf

Download (1MB)

Abstract

Iklan televisi dapat didefinisikan sebagai iklan yang ditayangkan melalui media televisi, dan melalui media ini, pesan disampaikan melalui suara (audio), visual, dan gerak (motion). Iklan diangkat berdasarkan dengan refrensi realita sosial yang sering dijumpai di tengah-tengah masyarakat, sehingga iklan televisi juga disebut sebagai refleksi dunia nyata dimana iklan televisi memiliki kecenderungan untuk merekonstruksi realitas sebenarnya. Representasi perempua terbelenggu dalam tayangan iklan TVC Tri Always On mengadopsi isu realita sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat. Isu realita sosial tersebut memiliki keterkaitan dengan aturan, ketentuan, dan nilai budaya yang membentuk sebuah sistem sosial. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, paradigma kritikal, dan metode analisis semiotika yang menggunakan kode-kode televisi. Kode-kode televisi meliputi level realitas, level representasi, dan level ideologi. Ketiga level tersebut merupakan tools dari analisis semiotika yang berfungsi untuk mengkaji kode-kode, tanda-tanda, yang dibingkai dalam media televisi sehingga dapat membantu peneliti memaknai pesan komunikasi dari iklan tersebut. Akhirnya peneliti menemukan data bahwa sosok perempuan di dalam tayangan iklan TVC 3 Always On dimanifestasikan sebagai individu yang terikat oleh belenggu. Belenggu dalam konteks ini berarti sebuah ikatan yang mengacu pada aturan maupun ketentuan dalam wujud kebijakan hukum, yang merupakan produk dari ideologi patriarki.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Perempuan, Terbelenggu, Iklan Televisi, Patriarki
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2015 08:29
Last Modified: 29 Jan 2015 08:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6637

Actions (login required)

View Item View Item