IMPLEMENTASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PATH

URAN, ROSSALIA (2014) IMPLEMENTASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PATH. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
MM001945.pdf

Download (225kB)
[img] Text (Bab I)
MM101945.pdf

Download (341kB)
[img] Text (Bab II)
MM201945.pdf

Download (258kB)
[img] Text (Bab III)
MM301945.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (Bab IV)
MM401945.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text (Bab V)
MM501945.pdf

Download (405kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerimaan dan penggunaan media sosial Path menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna media sosial di Yogyakarta. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sampel adalah masyarakat Yogyakarta pengguna aktif media sosial Path sebanyak 200 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan didistribusikan secara online melalui google drive. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Yogyakarta merespon positif terkait penerimaan dan penggunaan Path sebagai perangkat untuk meningkatkan aktifitas sosialnya. Masing-masing variabel independen penelitian menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel dependennya yang berarti bahwa Technology Acceptance Model (TAM) mampu menjelaskan dengan baik alur penerimaan dan penggunaan media sosial Path. Lebih lanjut, perilaku penerimaan dan penggunaan media sosial Path di Yogyakarta lebih didominasi oleh variabel persepsi manfaat (PU) daripada variabel lainnya. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah memperkaya model penelitian perilaku penerimaan dan penggunaan media sosial Path dengan mengkombinasikan konsep TAM dengan TPB sehingga perilaku yang muncul dapat dianalisa lebih mendalam.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Technology Acceptance Model (TAM), Media Sosial, Path.
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Feb 2015 09:51
Last Modified: 23 Feb 2015 09:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6888

Actions (login required)

View Item View Item