FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN UNTUK METODE AKUISISI PERALATAN KONSTRUKSI PADA PERUSAHAAN KONTRAKTOR DI YOGYAKARTA

Wijaya, I Made Indra (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN UNTUK METODE AKUISISI PERALATAN KONSTRUKSI PADA PERUSAHAAN KONTRAKTOR DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS12033.pdf

Download (294Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS12033.pdf

Download (52Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS12033.pdf

Download (152Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS12033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS12033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS12033.pdf

Download (1422Kb)

Abstract

Peralatan konstruksi sangat dibutuhkan dalam proyek konstruksi. Menurut Soeharto (1995), Material dan peralatan merupakan bagian terbesar dari proyek, nilainya mencapai 50-60 % dari total biaya sehingga ketersediaan material dan peralatan benar-benar perlu diperhatikan. Untuk memenuhi kebutuhan peralatan konstruksi tersebut metode akuisisi peralatan konstruksi perlu dilakukan. Ada beberapa metode akuisisi untuk dapat memenuhi kebutuhan peralatan konstruksi, dengan membeli peralatan, menyewa peralatan(rent), atau sewa guna usaha (leasing). Tugas Akhir ini bermaksud mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan perusahaan kontraktor di Yogyakarta terhadap metode akuisisi peralatan konstruksi. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dan kuesioner. Kuesioner disebar kepada perusahaan-perusahaan kontraktor di Yogyakarta. Pengolahan data dilakukan untuk mendapatkan persentase, peringkat nilai rata-rata dan perbandingan nilai rata-rata dari jawaban responden. Analisis yang digunakan adalah persentase, nilai rata-rata (mean), dan nilai simpangan baku (standard deviation), analisis pemeringkatan nilai rata-rata, analisis perbandingan nilai rata-rata dengan uji t sampel independen (Independent- Samples T Test), Hasil yang didapatkan lewat pengolahan data adalah perusahaan kontraktor di Yogyakarta lebih memilih peralatan yang diakuisisi pada perusahaan konstruksinya dengan metode menyewa peralatan konstruksi. Peringkat terpenting faktor finansial yang harus diperhatikan dari biaya yang harus dikeluarkan pada faktor biaya tetap adalah harga beli, pada faktor penggunaan peralatan adalah perawatan, pada faktor biaya tidak langsung adalah faktor kelebihan biaya operasional peralatan, pada faktor biaya lain-lain adalah faktor pemilihan alat yang tidak tepat. Peringkat terpenting faktor finansial yang harus diperhatikan dari hasil yang didapat dari kepemilikan peralatan adalah faktor penghasilan dari dalam perusahaan. Peringkat terpenting pada faktor non finansial yang harus diperhatikan dari faktor promosi adalah sub faktor pandangan publik, dari faktor kemampuan penyesuaian adalah sub faktor fleksibilitas, dari faktor ketersediaan alat adalah sub faktor kesempatan mendapatkan pekerjaan karena pemilikan alat, dari faktor resiko adalah sub faktor resiko kehilangan kontrak karena kurangnya aset yang dimiliki, dari faktor organisasi adalah sub faktor kemampuan pekerja dalam hal pengoperasian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode akuisisi, peralatan konstruksi, faktor finansial, faktor non finansial
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Apr 2013 12:56
Last Modified: 03 May 2013 11:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item View Item