PENGARUH KOMPONEN PENERIMAAN TEKNOLOGI TERHADAP NIAT BERPERILAKU MENGGUNAKAN ONLINE TICKETING

., SUGIARTO (2016) PENGARUH KOMPONEN PENERIMAAN TEKNOLOGI TERHADAP NIAT BERPERILAKU MENGGUNAKAN ONLINE TICKETING. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MM01749.pdf

Download (150kB)
[img] Text (Bab I)
1MM01749.pdf

Download (64kB)
[img] Text (Bab II)
2MM01749.pdf

Download (162kB)
[img] Text (Bab III)
3MM01749.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (Bab IV)
4MM01749.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (Bab V)
5MM01749.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk mengadopsi teknologi online ticketing di kalangan masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Menggunakan TAM (Technology Acceptance Model) sebagai model dasar untuk mengidentifikasi dan menjelaskan komponen yang mempengaruhi keputusan individu untuk menggunakan teknologi online ticketing. Selain itu, penelitian ini juga akan mengidentifikasi perbedaan persepsi antara laki-laki dan perempuan terhadap niat berperilaku penggunaan teknologi online ticketing. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menyebarkan kuisioner secara online maupun offline yang dibagikan pada 153 pengguna online ticketing yang terdiri dari 82 laki-laki dan 71 perempuan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis perhitungan data dilakukan dengan menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda dengan alat bantu program IBM SPSS Statistic Version 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa niat berperilaku (behavioural intention to use) seseorang untuk bisa menerima dan menggunakan teknologi online ticketing pada responden di Daerah Istimewa Yogyakarta dipengaruhi oleh sikap (attitude) responden terhadap teknologi online ticketing. Sementara sikap responden terhadap teknologi online ticketing dipengaruhi oleh persepsi kemudahan (perceived ease of use) dan kegunaannya (perceived usefulness). Selain itu juga diperoleh hasil bahwa persepsi kegunaan teknologi online ticketing dipengaruhi oleh persepsi kemudahan menggunakan online ticketing. Dengan menggunakan independent sample t-test peneliti juga mendapatkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi antara laki-laki dan perempuan terhadap variabel perceived usefulness, perceived ease of use, behavior intention, dan attitude pengguna online ticketing.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Technology Acceptance Model, perceived usefulness, perceived ease of use, behavior intention to use, attitude towards using online ticketing.
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Mar 2016 13:02
Last Modified: 01 Mar 2016 13:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8873

Actions (login required)

View Item View Item