MAULID PRASETYO, REGIYAN (2016) PERAN GENDER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PRIA METROSEKSUAL. S2 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0MM02272.pdf Download (907kB) |
|
Text (Bab I)
1MM02272.pdf Download (73kB) |
|
Text (Bab II)
2MM02272.pdf Download (85kB) |
|
Text (Bab III)
3MM02272.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
Text (Bab IV)
4MM02272.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
|
Text (Bab V)
5MM02272.pdf Download (447kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis tentang karakteristik peran gender serta perilaku konsumtif pria metroseksual, yang terdapat di beberapa kota besar di Indonesia, seperti di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Bali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecenderungan pria metroseksual berdasarkan pedoman Bem Sex Role Inventory (BSRI) dan mengkaji perilaku konsumtif pria metroseksual berdasarkan kecenderungan peran gender. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara terhadap 5 informan metroseksual sebagai pilot studi pertama dan menyebarkan kuesioner terhadap 138 responden dengan teknik analisis chi square dan crosstab untuk menunjukkan frekuensi dan atau persentase yang memberikan jawaban dalam kuesioner. Hasil dari penelitian ini didapatkan 4 kelompok peran gender yaitu maskulin, feminin, androgini, dan undifferentiated dari 138 responden, 8 orang tergolong dalam kelompok gender maskulin, 50 orang feminin, 26 orang androgini, dan 54 orang undifferentiated. Untuk hasil perilaku konsumtif pria metroseksual didapatkan 3 faktor dari penampilan non pakaian, yaitu durasi dandan dan pola belanja yang tidak berpengaruh signifikan terhadap 4 golongan peran gender, sedangkan faktor budget membeli pakaian berpengaruh signifikan terhadap peran gender, gender feminin memiliki kecenderungan budget membeli pakaian dengan jumlah yang besar.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Gender, Metroseksual, Perilaku Konsumtif |
Subjects: | Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 20 Jun 2016 09:46 |
Last Modified: | 20 Jun 2016 09:46 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9746 |
Actions (login required)
View Item |