PERAN GENDER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PRIA METROSEKSUAL

MAULID PRASETYO, REGIYAN (2016) PERAN GENDER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PRIA METROSEKSUAL. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MM02272.pdf

Download (907kB)
[img] Text (Bab I)
1MM02272.pdf

Download (73kB)
[img] Text (Bab II)
2MM02272.pdf

Download (85kB)
[img] Text (Bab III)
3MM02272.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (Bab IV)
4MM02272.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (Bab V)
5MM02272.pdf

Download (447kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang karakteristik peran gender serta perilaku konsumtif pria metroseksual, yang terdapat di beberapa kota besar di Indonesia, seperti di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Bali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecenderungan pria metroseksual berdasarkan pedoman Bem Sex Role Inventory (BSRI) dan mengkaji perilaku konsumtif pria metroseksual berdasarkan kecenderungan peran gender. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara terhadap 5 informan metroseksual sebagai pilot studi pertama dan menyebarkan kuesioner terhadap 138 responden dengan teknik analisis chi square dan crosstab untuk menunjukkan frekuensi dan atau persentase yang memberikan jawaban dalam kuesioner. Hasil dari penelitian ini didapatkan 4 kelompok peran gender yaitu maskulin, feminin, androgini, dan undifferentiated dari 138 responden, 8 orang tergolong dalam kelompok gender maskulin, 50 orang feminin, 26 orang androgini, dan 54 orang undifferentiated. Untuk hasil perilaku konsumtif pria metroseksual didapatkan 3 faktor dari penampilan non pakaian, yaitu durasi dandan dan pola belanja yang tidak berpengaruh signifikan terhadap 4 golongan peran gender, sedangkan faktor budget membeli pakaian berpengaruh signifikan terhadap peran gender, gender feminin memiliki kecenderungan budget membeli pakaian dengan jumlah yang besar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Peran Gender, Metroseksual, Perilaku Konsumtif
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Jun 2016 09:46
Last Modified: 20 Jun 2016 09:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9746

Actions (login required)

View Item View Item