SARAGIH, JOHN BILSENER (2016) MANAJEMEN PEMELIHARAAN GEDUNG TERMINAL DAN JALAN DIDALAM TERMINAL GIWANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0TS14419.pdf Download (750kB) |
|
Text (Bab I)
1TS14419.pdf Download (235kB) |
|
Text (Bab II)
2TS14419.pdf Download (864kB) |
|
Text (Bab III)
3TS14419.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
|
Text (Bab IV)
4TS14419.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab V)
5TS14419.pdf Download (4MB) |
Abstract
Sebagai terminal tipe A yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta diharapkan terminal Giwangan mampu mengurangi kepadatan lalu lintas yang terjadi di pusat kota. Pembangunan terminal Giwangan dilakukan sejak September 2002 dan selesai Agustus 2004 serta langsung diaktifkan pada bulan September 2004. Pembangunan terminal terwujud dalam bentuk kerjasama operasional dengan sistem Built Operated Transfered (BOT) antara Pemerintah Kota dengan investor swasta PT. Perwita Karya selama 30 tahun sejak September 2002 hingga September 2032 tetapi ada pengalihan kekuasaan dari PT. Perwita Karya kepada Pemerintah Kota. Sehingga dengan kepemimpinan baru ditahun 2015 perbaikan seluruh sistem manajemen sarana dan prasarana dilakukan salah satunya dengan pemeliharaan atau perawatan yang dilakukan pada setiap komponen terminal dan prasarana yang ada, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemeliharaan yang dilakukan oleh terminal Giwangan terhadap prasarana dan mengetahui standar pelayanan yang ditetapkan terminal Giwangan. Penelitian ini mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No: 24/PRT/M02008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung, Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 40 Tahun 2015 tentang Standar Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan jalan dan mengadopsi pedoman pemeliharaan jalan berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 13/PRT/M/2011 tentang Tata Cara Pemeliharaan Dan Penilikan Jalan. Data penelitian didapat dengan menyebarkan kuisioner pada bagian pemeliharaan gedung dan jalan didalam kawasan terminal, serta kuisioner kepada pengunjung/penumpang dan staf/karyawan yang berinteraksi langsung terhadap termal Giwangan. Melalui kuisioner tersebut, penulis bermaksud ingin mengetahui skor pemeliharaan maupun skor tanggapan pengunjung/penumpang dan staf/karyawan yang akan dianalisis menggunakan metode Mean untuk mengetahui kesesuaian pemeliharaan dengan standar yang ada dan uji “T” untuk mengetahui adanya perbedaan penilaian pemeliharaan terhadap kegiatan pemeliharaan terminal. Hasil pemeliharaan bangunan gedung terminal dikategorikan cukup baik. Pemeliharaan rutin pada jalan di dalam terminal dikategorikan kurang baik, pemeliharaan berkala pada jalan di dalam terminal dilakukan dalam kurun waktu satu tahun dengan tetap memperhatikan kondisi dilapangan. Berdasarkan hasil uji “T” hasil tanggapan antara pengunjung/penumpang dan staf/karyawan terdapat perbedaan signifikan. Pelayanan yang ada di terminal Giwangan sudah memenuhi standar pelayanan terminal
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemeliharaan Gedung, Pemeliharaan Jalan, Terminal Giwangan Yogyakarta |
Subjects: | Sipil > Manajemen Konstruksi Sipil > Manajemen Konstruksi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 08:49 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 08:49 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10522 |
Actions (login required)
View Item |