STUDI PERILAKUGIFT-GIVING PADA MAHASISWA DAN KARYAWAN

MAHARANI, RR BAYU KRISNA (2017) STUDI PERILAKUGIFT-GIVING PADA MAHASISWA DAN KARYAWAN. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MM02274.pdf

Download (640kB)
[img] Text (Bab I)
1MM02274.pdf

Download (251kB)
[img] Text (Bab II)
2MM02274.pdf

Download (365kB)
[img] Text (Bab III)
3MM02274.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (Bab IV)
4MM02274.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (Bab V)
5MM02274.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh karakteristik pribadi terhadap motif gift-giving, pengaruh motif gift-giving terhadap taktik kesamaan yang dirasakan dan pengaruh motif gift-giving terhadap taktik targetenhancement. Pada penelitian ini diperoleh responden sebanyak 205 yang terbagi menjadi 102 responden mahasiswa dan 103 responden karyawan dan seluruhnya memenuhi kriteria. Sehingga dapat dikatakan bahwa seluruh responden pernah melakukan pemberian hadiah dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Hasil penelitian adalah kesadaran diri publik dan pemantauan diri tidak berpengaruh terhadap pengembangan identitas yang diinginkan, namun harga diri berpengaruh secara signifikan. Hasil kedua menyatakan bahwa keinginan untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan secara simultan dipengaruhi oleh karakteristik pribadi secara signifikan, begitu pula secara parsial. Hasil ketiga diketahui bahwa kesadaran diri publik dan pemantauan diri tidak dapat mempengaruhi keinginan gift-giver untuk memperoleh sumber daya berharga dari orang lain, namun harga diri berpengaruh signifikan. Hasil keempat tampak bahwa hanya motif keinginan untuk memperoleh sumber daya berharga dari penerima hadiah yang mampu mempengaruhi taktik kesamaan yang dirasakan. Hasil kelima menyatakan bahwa taktik target-enhancement dipengaruhi oleh motif pengembangan identitas yang diinginkan dan keinginan untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan kesan, gift-giving, karakteristik pribadi, kesadaran diri publik, pemantauan diri, harga diri
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Mar 2017 07:35
Last Modified: 01 Mar 2017 07:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11288

Actions (login required)

View Item View Item