PERSEPSI KOMUNITAS SEPEDA “PADZ OnC” TENTANG MEDIA LUAR RUANG SEGO SEGAWE TAHUN 2012

TOHAN, RIDHOI PERKASA (2012) PERSEPSI KOMUNITAS SEPEDA “PADZ OnC” TENTANG MEDIA LUAR RUANG SEGO SEGAWE TAHUN 2012. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02870.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02870.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02870.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02870.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02870.pdf

Download (900kB) | Preview

Abstract

Komunikasi dengan media luar ruang berupa pemasangan lampu hias (kinetic board) dan billboard dengan tema Sego Segawe bertujuan untuk lebih memasyarakatkan program Sego Segawe kepada masyarakat luas. Namun, yang menjadi permasalahan apakah media ini benar-benar bisa menjadi sarana penginformasian program Sego Segawe ke masyarakat? Untuk menjawab permasalahan ini perlu diteliti bagaimana persepsi masyarakat tentang media luar ruang berupa pemasangan lampu hias dan baliho dengan tema Sego Segawe. Salah satu bagian masyarakat yang merespons program Sego Segawe adalah komunitas sepeda, oleh karena itu perlu diteliti bagaimana persepsi anggota komunitas sepeda Sego Segawe terhadap media luar ruang berupa lampu hias dan baliho dengan tema Sego Segawe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi komunitas sepeda PAD OnC tentang media luar ruang Sego Segawe. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data dinyatakan dalam bentuk simbolik seperti pertanyaan-pertanyaan, tafsiran, tanggapantanggapan lisan harafiah, tanggapan non verbal (tidak berupa ucapan lisan). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif dan indepth interview (wawancara mendalam). Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Persepsi responden terhadap bilboard Sego Segawe, secara kognitif mayoritas responden mengatakan bahwa billboard ini mudah terlihat karena ukuran sudah cukup besar dan gambarnya jelas dan secara afektif baliho ini nampak menarik, dilihat dari warnanya billboard sudah tepat, namun ada yang mengatakan dominasi warna biru tersebut kurang mencolok atau “kurang ngejreng”, dilihat berdasarkan pesannya pesan pendek “Sego Segawe” sudah menarik dan mudah diingat, tetapi kalimat yang panjangsusah diingat dan kalau dibaca sambil jalan tidak cukup waktunya, pemilihan lokasi sudah strategis, dan dilihat dari efeknya, billboard ini cukup mencolok dengan ukuran yang besar, namun secara teknis tidak ada efek khusus yang inovatif, sedangkan secara afekt mayoritas responden menganggap bahwa billboard Sego Segawe sudah bagus dan menarik; (2) persepsi responden terhadap kinetic board Sego Segawe secara kognitif, mayoritas responden beranggapan bahwa ukuran media ini sudah cukup dan tampak dominan, dilihat berdasarkan warnanya para responden beranggapan bahwa pemilihan warna sudah tepat dan menggambarkan orang naik sepeda, dilihat berdasarkan pesannya kinetic board Sego Segawe sudah baik, namun masih kurang lengkap, dilihat dari pemilihan lokasi sudah tepat dan sangat strategis, dan penggunaan efek pada kinetic board Sego Segawe sudah bagus, mudah terlihat, dan kalau malam menyala sehingga lebih menarik perhatian, sedangkan secara afektif menurut para responden kinetic board dengan efek bergerak ini sangat menarik, dinamis, enak dipandang, dan dapat menjadi hiburan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Sego Segawe, Media Luar Ruang.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 May 2013 09:43
Last Modified: 01 May 2013 09:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1180

Actions (login required)

View Item View Item