ANALISIS KINERJA ANGKUTAN UMUM PENUMPANG DI KOTA SORONG - PAPUA BARAT (STUDI KASUS TRAYEK A)

Mabruwaru, Vian A (2017) ANALISIS KINERJA ANGKUTAN UMUM PENUMPANG DI KOTA SORONG - PAPUA BARAT (STUDI KASUS TRAYEK A). S2 thesis, UAJY.

[img] Text
MTS02430.pdf

Download (7MB)
[img] Text (Halaman Judul)
MTS024300.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
MTS024301.pdf

Download (133kB)
[img] Text (Bab II)
MTS024302.pdf

Download (42kB)
[img] Text (Bab III)
MTS024303.pdf

Download (311kB)
[img] Text (Bab IV)
MTS024304.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (Bab V)
MTS024305.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
MTS024306.pdf

Download (2MB)

Abstract

Analisis Kinerja Angkutan Umum Penumpang Di Kota Sorong – Papua Barat (Studi Kasus Trayek A), Vian Andrias Mabruwaru, NPM 155102430, Tahun 2017, Bidang Peminatan Transportasi, Program Studi Magister Teknik Sipil, Atma Jaya Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja operasional angkutan umum dan mengukur kebutuhan angkutan penumpang umum untuk trayek A di Kota Sorong, pada hari kerja, akhir pekan dan hari libur. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan informasi kepada pemerintah daerah kota sorong sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan pengelolaan trayek angkutan umum serta memberikan referensi untuk penelitian selanjutnya tentang analisis kinerja angkutan umum di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat. Data yang diperlukan untuk menyelesaikan penelitian ini terdiri dari data sekunder dan primer. Data sekunder didapatkan melalui Dinas Perhubungan yakni data jumlah kendaraan angkutan umum penumpang yang di ijinkan beroperasi pada trayek A yaitu 392 unit kendaraan serta rute dimana trayek ini beroperasi. Data primer didapatkan melalui survei langsung yang terbagi menjadi dua yaitu survei dinamis (dalam kendaraan) dan survei statis (ruas jalan). Parameter – parameter yang digunakan untuk menganalisis kinerja operasi dan mengukur kebutuhan trayek ini adalah faktor muat, Kecepatan perjalanan, headway (waktu antara), waktu perjalanan, waktu pelayanan, frekuensi, Jumlah kendaraan operasi, waktu tunggu, jumlah penumpang dan waktu sirkulasi. Penelitian ini dilandaskan pada pembobotan standar kinerja operasional pelayanan angkutan umum yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Darat. Hasil dari penelitian melalui survei statis dan dinamis pada penelitian ini adalah angkutan umum penumpang trayek A pada hari kerja, akhir pekan dan hari libur secara keseluruhan berada dalam kategori baik. Kebutuhan angkutan umum yang didapatkan untuk hari kerja, akhir pekan dan hari libur adalah 12 unit kendaraan untuk satu kali siklus serta 46 unit kendaraan pada jam-jam sibuk dengan headway (waktu tunggu) sebesar 4,6 menit.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Angkutan Penumpang Umum, Trayek, Kinerja Operasional, Kebutuhan Angkutan Umum.
Subjects: Magister Teknik Sipil > Transportasi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Aug 2017 12:01
Last Modified: 10 Aug 2017 12:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12048

Actions (login required)

View Item View Item