Siagian, Joseph Mangaraja (2017) Riset Pasar Produk Suwir Tongkol Umkm Darion Moya Healthy Foods Di Yogyakarta. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
TI070650.pdf Download (672kB) |
|
Text (Bab I)
TI070651.pdf Download (272kB) |
|
Text (Bab II)
TI070652.pdf Download (296kB) |
|
Text (Bab III)
TI070653.pdf Download (401kB) |
|
Text (Bab IV)
TI070654.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
|
Text (Bab V)
TI070655.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab VI)
TI070656.pdf Download (637kB) |
Abstract
Produk makanan praktis Suwir Tongkol merupakan produk terbaru dari UMKM Darion Moya Healthy Foods. Suwir Tongkol merupakan makanan olahan resep keluarga yang medapat respon positif dari kolega serta dorongan untuk meneruskan untuk berwirausaha produk ini. Produk Suwir Tongkol yang awalnya diberi nama Sambal Tongkol ini sudah melalui riset pasar awal pada awal tahun 2015. Fokus penelitian saat itu pada rasa makanan, keamanan bahan dan kemasan primer. Hasil penelitian awal mendapat respon positif dari calon konsumen dengan 74.51% responden menyukai produk ini. Perkembangan produk saat ini sudah mencapai tahap sebelum pemasaran. Berganti nama menjadi Suwir Tongkol, produk ini sudah memiliki kemasan primer vakum serta rancangan awal kemasan sekunder. Menurut Doman et al., (2002), ada tiga kondisi atau fase dalam sebuah bisnis yang membutuhkan dilakukan riset pasar yaitu pada saat memulai bisnis baru, pada saat memperkenalkan produk/ jasa baru, dan pada saat menjaga kelangsungan bisnis yang sedang berjalan.Riset pasar kali ini bertujuan mendapatkan pola ketertarikan pasar terhadap produk suwir tongkol UMKM Darion Moya Healthy Foods. Pola ini membantu UMKM dalam persiapan memperkenalkan produk Suwir Tongkol dengan konsep makanan praktis. Riset pasar dilakukan menggunakan Lembar Kerja untuk meminimalisir kesalahan, dilanjutka menetapkan hipotesis, mengumpulkan data sekunder melalui berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan sumber lain serta data primer melalui kuesioner. Alat penyajian data berupa diagram lingkaran, diagram batang, diagram kolom, serta tabel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis trend, analisis similaritas, analisis kontradiksi dan analisis odd-grouping. Hasil riset pasar didapatkan bahwa 86% responden tertarik membeli produk kemudian hari. Terdapat 87% responden merasa produk ini akan menjawab kebutuhan makanan praktis. Hasil analisis tren menunjukkan bahwa semakin tinggi pendapatan, responden akan semakin tertarik membeli produk suwir tongkol. Terdapat kesamaan bahwa semua jenis pekerjaan lebih banyak responden yang menyatakan bahwa produk Suwir Tongkol ini menjawab kebutuhan akan makanan praktis. Hasil analisis kontradiksi menyatakan dari 22 responden yang mempunyai alergi terhadap ikan laut, terdapat 16 responden yang menyukai makanan olahan ikan laut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Riset Pasar, Suwir Tongkol, Makanan Praktis |
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 28 Sep 2017 09:24 |
Last Modified: | 28 Sep 2017 09:24 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12444 |
Actions (login required)
View Item |