PENGARUH TERPAAN RUBRIK GREENT DI MAJALAH CITA CINTA TERHADAP SIKAP PEMBACA (Studi Kuantitatif Pengaruh Terpaan Rubrik GreenT di Majalah Cita Cinta Terhadap Sikap Anggota Mailing List Majalah Cita Cinta)

Tokan, Faradilla Octaviani (2011) PENGARUH TERPAAN RUBRIK GREENT DI MAJALAH CITA CINTA TERHADAP SIKAP PEMBACA (Studi Kuantitatif Pengaruh Terpaan Rubrik GreenT di Majalah Cita Cinta Terhadap Sikap Anggota Mailing List Majalah Cita Cinta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03087.pdf

Download (423kB)
[img] Text (Bab I)
1KOM03087.pdf

Download (699kB)
[img] Text (Bab II)
2KOM03087.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03087.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03087.pdf

Download (718kB)

Abstract

Saat ini, global warming telah menjadi isu dunia dan dampaknya sudah dirasakan oleh seluruh penduduk dunia termasuk di Indonesia. Misalnya pada pertengahan tahun 2009 lalu, Indonesia mengalami perubahan cuaca yang ekstrim, yang kemudian menyebabkan banjir, longsor, dan lain sebagainya. Karena dampak yang terjadi tersebut, global warming kemudian menjadi tema liputan yang mendapatkan tempat khusus dalam pemberitaan di media massa, baik cetak maupun elektronik. Pemberitaan yang berhubungan dengan lingkungan menjadi semacam trend dalam berbagai pemberitaan di media, dan salah satunya adalah Majalah Cita Cinta dengan rubriknya bemama rubrik GreenT. Variabel dalam penelitian ini adalah Terpaan rubrik GreenT (X) dan Sikap Pembaca (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Alat pengumpulan data yang utama adalah kuesioner. Populasinya yaitu anggota milis Majalah Cita Cinta yang ada di Yogyakarta dengan jumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara penarikan sampel jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengujian instrument dengan menggunakan validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan uji korelasi . Berdasarkan hasil uji korelasi dan uji regresi linier sederhana, terpaan rubrik GreenT memberikan pengaruh terhadap sikap anggota Milis Cita Cinta dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Berita, Global Warming, Sikap Pembaca
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Dec 2017 09:59
Last Modified: 05 Dec 2017 09:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13141

Actions (login required)

View Item View Item