Yudha, Bambang Guntur Mahakarma (2006) PERAN PENGETAHUAN PRODUK SEBAGAI VARIABEL PEMODERASIAN TERHADAP NIAT MEMBELI PRODUK MP3. S2 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0MM01019.pdf Download (502kB) |
|
Text (Bab I)
1MM01019.pdf Download (174kB) |
|
Text (Bab II)
2MM01019.pdf Download (533kB) |
|
Text (Bab III)
3MM01019.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
Text (Bab IV)
4MM01019.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab V)
5MM01019.pdf Download (956kB) |
Abstract
Keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah sikap, norma subyektif, dan perceived behavioural control. Sikap merupakan suatu bentuk dari kepercayaan konsumen atas pengalamannya dalam menggunakan produk atau jasa yang bersangkutan. Norma subyektif merupakan hasil interaksi antara individu dengan lingkungannya menciptakan suatu perilaku dimana ia diharuskan untuk melakukan hal yang sama terutama dalam model keputusan pembelian (membeli produk dengan merek yang sama). Perceived behavioural control merupakan bentuk pengendalian yang dirasakan merupakan kepercayaan terhadap sumber daya dan kesempatan yang dibutuhkan konsumen untuk menunjukkan perilakunya. Dimana tingkat kepercayaan diri seorang konsumen dalam kemampuanya untuk berperilaku. Semakin tinggi perceived behavioural control maka dapat dipastikan akan memberikan pengruh yang nyata terhadap minat beli konsumen pada suatu produk. Faktor lain yang mampu meningkatkan niat beli konsumen adalah pengetahuan. Ketika konsumen memiliki pengetahuan yang lebih banyak maka ia akan lebih banyak mengambil keputusan pembelian pada produk tersebut. Sebaliknya ia tidak akan melakukan keputusan pembelian saat ia tidak memiliki pengetahuan sama sekali pada suatu produk. Pengetahuan dibedakan menjadi dua yaitu pengetahuan subyektif dan pengetahuan obyektif. Pengetahuan subyektif adalah persepsi seseorang terhadap apa atau seberapa mereka mengetahui tentang kelas produk tertentu. Pengetahuan obyektif merupakan informasi akurat terhadap kelas produk tertentu yang tersimpan dalam ingatan konsumen dalam jangka waktu yang lama. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pengetahuan subyektif memperkuat pengruh sikap, norma subyektif dan perceived behavioural control terhadap niat beli konsumen pada produk mp3. Demikian juga dengan pengetahuan obyektif. Pengetahuan obyektif secara nyata mampu meningkatkan pengaruh sikap, norma subyektif dan perceived behavioural control terhadap niat beli konsumen. Berdasarkan hasil penelitian ini maka penting bagi pemasar untuk memperhatikan pengetahuan konsumen (pengetahuan subyektif dan pengetahuan obyektif) dalam memoderasi pengaruh sikap, norma subyektif dan perceived behavioural control terhadap niat beli.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sikap, norma subyektif dan perceived behavioural control, pengetahuan subyektif, pengetahuan obyektif, dan niat beli |
Subjects: | Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 12:19 |
Last Modified: | 05 Dec 2017 12:19 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13164 |
Actions (login required)
View Item |