ANALISIS PENGARUH PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN BELAJAR MENGAJAR BERBASIS KOMPETENSI (STUDI KASUS SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)

Marzuki, Muhamad (2006) ANALISIS PENGARUH PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN BELAJAR MENGAJAR BERBASIS KOMPETENSI (STUDI KASUS SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA). S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF04.010.pdf

Download (316kB)
[img] Text (Bab I)
1MTF04.010.pdf

Download (159kB)
[img] Text (Bab II)
2MTF04.010.pdf

Download (959kB)
[img] Text (Bab III)
3MTF04.010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (Bab IV)
4MTF04.010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text (Bab V)
5MTF04.010.pdf

Download (425kB)

Abstract

Kehadiran dan kecepatan perkembangan Teknologi Informasi telah menyebabkan terjadinya proses perubahan dramatis dalam segala aspek kehidupan. Kehadiran TI tidak memberikan pilihan Iain kepada dunia pendidikan selain turut serta dalam memanfaatkannya. Masuknya Teknologi Informasi di bidang pendidikan memunculkan berbagai tantangan dan tuntutan baru terhadap kehidupan masyarakat modern. Teknologi sebagai salah satu mitra modernisasi makin cenderung ditonjolkan sebagai suatu tolak ukur untuk menilai sejauh mana tingkat modernisasi yang telah dicapai oleh suatu masyarakat. Bagaimana Teknologi Informasi dalam pendidikan sehingga memberikan peluang bagi pelajar atau siswa untuk memanfaatkannya sebagai sarana kemudahan proses pembelajaran. Penelitian ini berusaha untuk menjawab pertanyaan ini. Adapun penelitian ini bertujuan (1) mengidentifikasi bagaimana penerapan Teknologi lnformasi di lingkungan sekolah berkaitan dengan kemampuan siswa dalam mata pelajaran Teknologi lnformasi dan Komunikasi pada SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, (2) mengidentifikasi faktor-faktor serta kendala-kendala dalam penerapan Teknologi lnformasi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan analis deskriptif dengan alat bantu statistik deskriptif Pengumpulan data kepada responden menggunakan metode kuesioner kepada kelas I dan kelas II sebanyak 75 siswa dengan populasi 160, serta wawancara kepada para guru dan staf pengelola Teknologi Informasi SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Dari hasil penelitian yang didapatkan setelah peneliti melakukan survei di lapangan menyimpulkan bahwa di SMA Muammadiyah 2 Yogyakarta telah menerapkan Teknologi Informasi dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dengan tersedianya infrastruktur Teknologi Informasi yang cukup memadai bagi keberlangsungan proses belajar mengajar di sekolah. Selain itu hasil dari penelitian ini juga memperlihatkan kemampuan siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi secara rata-rata belum cukup baik, di mana secara kemampuan tidak diiringi dengan prasarana yang ada

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi, belajar mengajar, kompetensi, SMA Muahammadiyah 2 Yogyakarta
Subjects: Magister Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Jan 2018 12:30
Last Modified: 25 Jan 2018 12:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13574

Actions (login required)

View Item View Item