PERAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH GUNA MENINGKATKAN PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH (Studi Kasus di Kabupaten Trenggalek)

Kamalera, Daniel Surya S.T (2017) PERAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH GUNA MENINGKATKAN PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH (Studi Kasus di Kabupaten Trenggalek). S2 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
MIH024090.pdf

Download (906kB)
[img] Text (BAB I)
MIH024091.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB II)
MIH024092.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB III)
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB IV)
MIH024094.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB V)
MIH024095.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)

Abstract

Tesis ini berjudul: “Peran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Guna Meningkatkan Peran Serta Masyarakat Dalam Pembentukan Peraturan Daerah (Studi Kasus di Kabupaten Trenggalek). Tesis ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui peran dan kendala APBD, serta upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peran APBD guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembentukan Perda. Tesis ini menggunakan penelitian normatif, dengan pendekatan sejarah hukum dan politik hukum. Sumber data adalah data sekunder, yang dikumpulkan dengan studi pustaka dan wawancara. Bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder dianalisis dengan menggunakan metode analisis hukum. Proses berpikir deduktif digunakan untuk menarik kesimpulan. Teori Anggaran Berbasis Kinerja, Teori Partisipasi, dan Teori Perundang-undangan digunakan sebagai pisau analisis dalam mengkaji hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa APBD dan Penjabaran APBD Kabupaten Trenggalek sudah berfungsi sebagai alat perencanaan, alokasi, dan otorisasi untuk mengakomodir upaya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembentukan Perda ke derajat menengah, meskipun belum direncanakan dan belum terealisasi dengan baik. Terdapat tiga kendala APBD guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembentukan Perda terdiri atas kendala teoretis, kendala yuridis, dan kendala teknis operasional. Upaya utama yang disarankan untuk dilaksanakan adalaah melakukan koordinasi antara pihak-pihak yang terlibat dalam pembentukan Perda di kabupaten Trenggalek untuk melakukan evaluasi dan perencanaan mengenai peran serta masyarakat dalam pembentukan Perda. Upaya berikutnya adalah membentuk Perda yang substansinya mengatur tentang teknis pelaksanaan peran serta masyarakat dalam pembentukan Perda.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Peran serta masyarakat, Trengglek, Anggaran, Pembentukan Peraturan Daerah
Subjects: Magister Ilmu Hukum > Hukum Ketatanegaraan
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Feb 2018 09:48
Last Modified: 05 Feb 2018 09:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13704

Actions (login required)

View Item View Item