POTRET ANAK DALAM IKLAN TVC AXIS

Laurensius, . (2011) POTRET ANAK DALAM IKLAN TVC AXIS. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02224.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02224.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02224.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02224.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02224.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada tayangan iklan Axis di televisi yang menggambarkan seorang anak laki-laki berusia 9 tahun dari daerah Toba Samosir yang merupakan rangkaian ilustrasi dari penggambaran perusahaan Axis diantara kompetisi perusahaan telekomunikasi lainnya yang dirangkum dalam sebuah pesan dan di apresiasikan dalam bentuk kreatifitas audio visual yang bermakna. Tujuan penelitian ini untuk menginterpretasi potret anak dalam iklan Axis versi “Togar”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan semiologi Roland Barthes yakni pemaknaan terhadap tanda (sign) yang terdapat pada iklan secara signifikasi dua tahap (two order of signification). Melalui proses pemaknaan tanda yang terdiri atas signifier (petanda) dan signified (petanda) pada 18 penggalan iklan tersebut. Dalam pengumpulan datanya dilakukan dengan cara memutar rekaman iklan televisi Axis versi “Togar”. Kemudian mencatat semua unsur-unsur visual dalam penggalan iklan yang menjadi acuan penelitian. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tanda yang divisualisasikan dalam iklan seperti seorang anak laki-laki bernama togar berusia 9 tahun yang berada di Toba Samosir dengan segala kegiaan aktif, kreatif dan mandiri merupakan ikon dari perusahaan telekomunikasi Axis yang juga masih berusia muda di antara perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Beberapa simbol seperti antena, Togar diatas rumah dan naik pohon yang tinggi, merepresentasikan bagian dari komitmen Axis dalam memberikan jangkauan layanan telekomunikasi yang dirasa masih sulit di Toba Samosir dan menguatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan jaringan telekomunikasi khususnya di daerah kabupaten Sumatera Utara. Potret kemampuan anak ditunjukkan dengan segala kegiatan Togar dalam iklan Axis, hal tersebut juga mengapresiasikan semangat Axis dalam memposisikan perusahaan diantara kompetisi perusahaan telekomunikasi. Kesimpulannya bahwa representasi dari potret anak dalam iklan Axis versi “Togar” yang dibedah dan dianalisis dengan menggunakan semiologi Roland Barthes tersebut mampu meyampaikan pesan mengenai bentuk kemampuan seorang anak yang menjadi simbol ilustrasi bagaimana kemampuan Axis sebagai perusahaan telekomunikasi. Representasi Axis melalui sosok Togar merupakan upaya dalam mencitrakan perusahaan Axis yang baru di Indonesia, melalui sosok Togar yang penuh semangat diharapkan masyarakat memahami apa yang tengah di lakukan Axis dalam usaha untuk mencapai jangkauan nasional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 May 2013 12:05
Last Modified: 16 May 2013 12:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1458

Actions (login required)

View Item View Item