IDENTIFIKASI FAKTOR PENTING PENERIMAAN OJEK ONLINE OLEH MAHASISWA DI YOGYAKARTA

Nugraheni, Randita Ayu (2018) IDENTIFIKASI FAKTOR PENTING PENERIMAAN OJEK ONLINE OLEH MAHASISWA DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TF077090.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TF077091.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TF077092.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TF077093.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
TF077094.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
TF077095.pdf

Download (955kB) | Preview

Abstract

Di era yang canggih ini banyak aplikasi-aplikasi baru yang berkembang pada perangkat mobile dan aplikasi-aplikasi tersebut dibangun dengan fungsi dan tujuannya masing-masing. Layanan ojek online merupakan contoh e-commerce di bidang transportasi yang ada di perangkat mobile yang dibangun oleh perusahaan-perusahaan untuk mempermudah pengguna dan driver ojek dalam hal transaksi dan pemesanan. Dijaman yang serba praktis ini layanan ojek online banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Namun, pada penelitian ini akan difokuskan pada mahasiswa, karena mahasiswa lebih paham mengenai penggunaan internet dan aplikasi mobile. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penting penerimaan layanan ojek online oleh mahasiswa di Yogyakarta dan menguji faktor-faktor tersebut menggunakan pendekatan Unified Theory Of Acceptance & Use Of Technology 2 (UTAUT2). Terdapat banyak faktor yang membuat mahasiswa tertarik untuk menggunakan layanan ojek online seperti ingin meningkatkan efisiensi waktu, biaya, tenaga, dan sebagainya. Model UTAUT2 digunakan pada penelitian ini karena dirasa mampu dalam menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penerimaan suatu teknologi terbaru. Selain itu pengumpulan datanya dilakukan melalui kuisioner yang disebarkan kepada mahasiswa yang ada di kota Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Habit (H) adalah faktor terkuat yang mempengaruhi penerimaan ojek online oleh mahasiswa. Faktor Price Value (PV) dan Effort Expectancy (EE) juga merupakan faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam menggunakan layanan ojek online. Sedangkan faktor Performance Expectancy (PE) Social Influence (SI) dan Facilitating Condition (FC) tidak mempengaruhi niat penggunaan layanan ojek online oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ojek online, Mahasiswa, UTAUT2.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:24
Last Modified: 11 Feb 2019 02:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16456

Actions (login required)

View Item View Item