PENGEMBANGAN MOBILE GAME PEMBELAJARAN TABEL PERIODIK BAGI SISWA SMA

Arinta, Rania Rizki (2018) PENGEMBANGAN MOBILE GAME PEMBELAJARAN TABEL PERIODIK BAGI SISWA SMA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TF079760.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TF079761.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TF079762.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TF079763.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TF079764.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] Text (BAB V)
TF079765.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TF079766.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Tabel periodik merupakan tabel menampilkan seluruh unsur kimia seperti nama kimia, nomor atom, massa atom. Pada masa kini siswa - siswi SMA melakukan pembelajaran pendidikan formal, yaitu para siswa - siswi datang ke sekolah ataupun bimbingan belajar dan materi dijelaskan oleh seorang guru. Akan tetapi para siswa akan lebih semangat belajar apabila menggunakan sistem pembelajaran interaktif. Maka dari itu dibutuhkan sebuah media pembelajaran kimia yang membantu para siswa dan siswi untuk memperdalam materi tabel periodik unsur. Salah satu contoh media pembelajaran tersebut adalah aplikasi game pembelajaran. Tujuan aplikasi adalah membantu siswa melakukan proses pembelajaran menggunakan game dengan membagi jenis 3 game yaitu dengan mode cerita (story mode), mode minigame, dan mode quiz. Proses pembuatan aplikasi mendapatkan informasi melalui buku pelajaran SMA kimia. Pada tahap desain yaitu pembuatan papan cerita. Proses pembuatan aplikasi menggunakan tools unity game engine. Pengujian aplikasi diujikan kepada para siswa SMA jurusan IPA beserta guru pengajar kimia sebanyak 35 koresponden. Berdasarkan hasil pengguna aplikasi yang diuji coba 94.3% pengguna menyatakan bahwa aplikasi mudah dipahami dan 97.1% koresponden mengatakan aplikasi mudah digunakan dalam arti koresponden tidak mengalami kesulitan pada saat menggunakan aplikasi. Dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi pengembangan mobile game pembelajaran tabel periodik bagi siswa sma berhasil di bangun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Kimia, Tabel periodik unsur, Papan cerita, Mode Cerita, Mode minigame.
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:45
Last Modified: 11 Feb 2019 07:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16505

Actions (login required)

View Item View Item