ANALISIS STRATEGI BERSAING KOMODITI EKSPOR AGROBISNIS TERUNG JEPANG KE JEPANG OLEH KEM FARMS JAKARTA

INDARTI, LUCIA AYU KARTIKA (1999) ANALISIS STRATEGI BERSAING KOMODITI EKSPOR AGROBISNIS TERUNG JEPANG KE JEPANG OLEH KEM FARMS JAKARTA. S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
MM971900.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
MM971901.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
MM971902.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
MM971903.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text (BAB IV)
MM971904.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
MM971905.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Analisis ini bertujuan mengidentifikasi keunggulan bersaing perusahaan Kem Farms Jakarta dalam mengekspor terung Jepang ke Jepang. Analisis ini mengkaji hubungan antara faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan dengan lima kekuatan bersaing dalam industri menurut M.E. Porter. Analisis faktor eksternal dan internal perusahaan akan menunjukkan kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang perusahaan, guna melihat strategi apa yang tengah dipergunakan oleh perusahaan dalam menghadapi pesaingnya. Lima kekuatan persaingan industri menurut M.E. Porter adalah persaingan di antara pasar yang telah ada, ancaman pendatang baru, ancaman barang substitusi, konsumen dan suplier. Analisis ini menggunakan alat analisis berupa matriks SWOT atau matriks TOWS, matriks internal-eksternal, analisis identifikasi internal-eksternal, dan matriks SPACE serta analisis lima keunggulan bersaing dari M.E. Porter. Hasil dari analisis matriks akan menunjukkan strategi apa yang sedang digunakan oleh perusahaan dalam menghadapi pesaing, dan analisis lima kekuatan bersaing akan menghasilkan posisi perusahaan terhadap pesaing yang telah ada, ancaman pedatang baru, ancaman barang subtitusi, konsumen dan suplier. Hasil dari analisis adalah perusahaan berada pada posisi leader di pasar dan tidak takut akan datangnya pesaing baru dan subtitusi karena permintaan pasar Jepang masing cukup besar (masih belum terpenuhi) dan produk terung olahan tidak memiliki subtitusi. Sedangkan dari hasil analisis SWOT dan SPACE diperoleh hasil bahwa strategi yang sedang ditempuh perusahaan adalah strategi integrasi forward dan backward sedangkan posisi perusahaan adalah pertumbuhan melalui integrasi vertikal dan perusahaan agresif untuk memperbesar investasinya pada produk ini guna memenuhi permintaan pasar Jepang.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:35
Last Modified: 12 Mar 2019 04:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17483

Actions (login required)

View Item View Item