STUDI TIPOLOGI DAN MORFOLOGI PALEBAHAN SAREN KANGIN DELODAN PURI SAREN AGUNG UBUD SEBAGAI BENTUK ADAPTASI BANGUNAN BUDAYA UNTUK MENJAGA TRADISI

PUTRA, ALEXANDER DHEA HERBUDY (2018) STUDI TIPOLOGI DAN MORFOLOGI PALEBAHAN SAREN KANGIN DELODAN PURI SAREN AGUNG UBUD SEBAGAI BENTUK ADAPTASI BANGUNAN BUDAYA UNTUK MENJAGA TRADISI. S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
MTA022220.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
MTA022221.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
MTA022222.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
MTA022223.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
MTA022224.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text (BAB V)
MTA022225.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
MTA022226.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Palebahan Saren Kangin Delodoan merupakan bagian dari halaman untuk tempat tinggal anggota keluarga Puri Saren Agung Ubud. Palebahan ini memiliki tugas sebagai pembuat aturan dalam lingkup Puri Saren Agung Ubud agar tradisi tetap bisa bertahan dan berjalan. Pada setiap masa kepemimpinan yang berbeda, palebahan ini mencoba untuk beradaptasi terhadap perubahan yang ada disekitranya. Adaptasi pada ruang mengakibatkan terjadi perubahan tipologi dan morfologi pada palebahan, karena mencoba memasukkan fungsi baru atau juga menghilangkan fungsi yang ada sebelumnya. Mengidentifikasi proses adaptasi dari masa ke masa dapat memperlihatkan perubahan nilai-nilai tradisi yang terjadi. Metode historis menjadi metode yang dipakai dalam mengidentifikasi perubahan tipologi dan morfologi yang pernah terjadi pada palebahan Saren Kangin Delodan sampai saat ini. Untuk mengetahui adaptasi yang terjadi, bangunan akan dikaji dari lima lapisa ruang yang bisa diadaptasi, yaitu site, structure, skin, services dan space plan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: palebahan Saren Kangin Delodan, tradition, typology, morphology, adaptation, site, structure, skin, services and space plan.
Subjects: Magister Teknik Arsitektur > Digital Arsitektur
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Mar 2019 05:55
Last Modified: 18 Mar 2019 05:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17653

Actions (login required)

View Item View Item