PERAN WEBSITE NETLABEL DALAM PROMOSI BAND

Rachmadani, Hendriastanto (2011) PERAN WEBSITE NETLABEL DALAM PROMOSI BAND. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02538.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02538.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02538.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02538.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02538.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Internet menjadi media alternatif untuk mempromosikan produk selain televisi dan radio. Konsumen dapat dengan mudah mengakses media ini. Situs-situs seperti jejaring sosial dan microblog mulai hadir dalam dunia internet. Hampir setiap pengakses internet mempunyai akun ejaring sosial ataupun microblog. Perkembangan yang cukup pesat dari media internet ini membuat beberapa label rekaman membuat alternatif records label yaitu website netlabel. Netlabel berbeda dengan records label konvensional. Beberapa hal yang membedakan dari kedua label tersebut adalah distribusi dan penjualan. Netlabel mendistribusikan rilisan album kedalam format audio digital melalui website dengan cara pengunduhan. Berbeda dengan records label biasa yang menjual rilisan, pengunduhan album dalam website netlabel bersifat gratis dan legal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran website netlabel dalam promosi album band Frau yang berjudul Starlit Carousel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengenal, mendapatkan, serta memberikan gambaran atau paradigma mengenai suatu gejala. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyelidiki dan menggambarkan keadaan obyek berdasar fakta-fakta yang tampak. Teori yang digunakan pada penelitian ini antara lain teori komunikasi, pemasaran, marketing mix, produk, promosi, integrated marketing communication (IMC), promotional mix, dan internet marketing. Untuk memperkuat teori internet marketing yang dikemukakan Belch, peneliti menggunakan teori peran website yang dikemukakan oleh Morissan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara narasumber obyek penelitian mengenai peran website netlabel dalam promosi album band Frau yang berjudul Starlit Carousel. Wawancara juga dilakukan dengan pengunduh rilisan Frau, pengamat music mainstream, dan pengamat musik non mainstream (cutting edge). Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa peran website netlabel dalam promosi band adalah penyebaran informasi,menciptakan kesadaran, tujuan riset, menciptakan persepsi, dan meningkatkan distribusi. Peran ini terlihat dari efek yang dirasakan band Frau setelah karya album mereka dirilis secara gratis melalui Yesnowave.com. Setelah melakukan penelitian ini, saran yang dapat diberikan adalah penelitian ini dapat memberikan pengetahuan tentang peran website netlabel dalam promosi band. Karya album yang dirilis secara gratis bukan merupakan suatu kerugian bagi band, karena band tersebut dapat dikenal oleh seluruh pengakses internet diseluruh dunia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Website netlabel, musik non mainstr
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 May 2013 11:18
Last Modified: 28 May 2013 11:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1821

Actions (login required)

View Item View Item