PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN AUDIENS ANTARA MEDIA CETAK DAN MEDIA ONLINE ( STUDI EKSPLANATIF PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA FISIP UAJY PADA KORAN KOMPAS DAN PORTAL KOMPAS.COM)

Susanti, Lusia Prapti (2011) PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN AUDIENS ANTARA MEDIA CETAK DAN MEDIA ONLINE ( STUDI EKSPLANATIF PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA FISIP UAJY PADA KORAN KOMPAS DAN PORTAL KOMPAS.COM). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02810.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02810.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02810.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02810.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02810.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Era kecepatan ini membuat persaingan media semakin ramai. Media berlomba-lomba menyajikan berita aktual dan bisa dijangkau masyarakat secepat mungkin.Persaingan media pun semakin tak terelakkan. Untuk memperkuat posisinya dalam persaingan, perusahaan media berusaha membuat strategi inovasi yang mampu menarik perhatian dan menjangkau pasar yang lebih luas. Portal berita merupakan perkembangan dari media cetak yang menggunakan saluran internet sebagai media. Media massa menyajikan berbagai macam tayangan, tulisan, maupun siaran yang beraneka ragam. Khalayak akan memilih tayangan, tulisan, atau siaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Proses selektifitas khalayak ini berdasarkan kepentingan tertentu, maka terbentuklah kepuasan yang diharapkan atau diinginkan (Gratification Sought) dan setelah itu akan muncul kepuasan yang diperoleh secara nyata setelah mengkonsumsi media (Gratification Obtained). Kotler (2000:135) menyatakan bahwa kepuasan audiens adalah tingkat perasaan seseorang setelah ia membandingkan antara kinerja yang dirasakan dengan harapannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksplanatif yang menjelaskan perbedaan tingkat kepuasan audiens antara Kompas dan Kompas.com. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa FISIP UAJY yang diambil melalui teknik purposive random sampling dengan jumlah populasi sebanyak 1424 orang dan sampel sebesar 93 responden. Penelitian ini membandingkan nilai harapan (GS) dan nilai persepsi kepuasan (GO) konsumen Kompas dan Kompas.com untuk memperoleh tingkat kepuasan. Kemudian, melihat perbandingan tingkat kepuasan kedua media tersebut. Pengujian terhadap perbandingan mean dilakukan dengan uji t sampel berpasangan. Uji mean dilakukan pada Kompas dan Kompas.com untuk menegaskan perbedaan yang ada. Untuk menguji tingkat signifikasinya dilakukan dengan menggunakan uji t untuk sampel berpasangan. Hasil perbandingan nilai rata-rata Gratification Sought dan Gratification Obtained secara keseluruhan menyatakan Kompas.com lebih memuaskan daripada Kompas. Secara parsial Kompas tidak dapat memenuhi kebutuhan aspek informasi, identitas personal, integrasi dan interaksi sosial, dan kepuasan hiburan. Kompas.com mampu memenuhi kebutuhan semua aspek yaitu informasi, identitas personal, integrasi dan interaksi sosial. Hasil pengujian paired sampel t-test menunjukkan bahwa ditinjau dari aspek informasi tidak memiliki perbedaan tingkat kepuasan yang positif dan signifikan antara koran Kompas dan portal Kompas.com. Hasil pengujian dari aspek identitas personal, aspek integrasi dan interaksi sosial, dan aspek hiburan memiliki perbedaan yang signifikan antara koran Kompas dan portal Kompas.com.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gratification Sought, Gratification Obtained, tingkat kepuasan, media cetak, media online
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 May 2013 13:53
Last Modified: 28 May 2013 13:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1851

Actions (login required)

View Item View Item