PERSEPSI PENGGUNA JALAN TERHADAP KESELAMATAN AKIBAT MEDIA IKLAN LUAR RUANGAN (VIDEOTRON)

MUAJA, FARAH VIACESARCIO (2019) PERSEPSI PENGGUNA JALAN TERHADAP KESELAMATAN AKIBAT MEDIA IKLAN LUAR RUANGAN (VIDEOTRON). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TS16154 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS16154 1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS16154 2.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TS16154 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB IV)
TS16154 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (BAB V)
TS16154 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS16154 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Videotron merupakan salah satu media periklanan yang merupakan pengembangan dari billboard (papan reklame). Videotron menggunakan teknik gambar bergerak untuk menampilkan iklan kepada khalayak. Keberadaan media iklan luar ruangan berpotensi memberikan gangguan terhadap pengguna jalan karena menghalangi rambu atau menimbulkan beban visual apabila bentuk dan penempatannya tidak tepat. Pengaruh media reklame videotron dikhawatirkan dapat menimbulkan dampak negatif terhadap pengguna jalan dan mengganggu konsentrasi pengendara atau pengguna jalan sehingga membahayakan keselamatan. Penelitian dilakukan di empat lokasi yaitu di Jalan Jendral Sudirman, Simpang Galeria Mall, Plaza Telkom Jalan Suroto dan Stadion Kridosono Jalan Abu Bakar Ali dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna jalan yang pernah melewati lokasi videotron tersebut. Kemudian dilakukan analisis terhadap jawaban dari 100 responden yang telah menjawab kuesioner tentang pengaruh videotron terhadap keselamatan pengguna jalan dan faktor yang mempengaruhi keselamatan pengguna jalan akibat videotron. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa 60% responden setuju bahwa pengguna jalan tidak memperhatikan rambu-rambu yang berada di sekitar videotron berada, 65% setuju bahwa lebih cenderung membaca pesan di papan iklan digital daripada konvensional, 61% setuju memperlambat laju kendaraan untuk membaca pesan dalam videotron, 64% setuju videotron lebih mengganggu konsentrasi berkendara daripada papan iklan konvensional, 67% setuju videotron yang ada secara tidak langsung mengganggu keamanan dan keselamatan umum dengan faktor yang mempengaruhi yaitu 64% tidak setuju ukuran videotron yang ditampilkan sudah baik, 55% tidak setuju videotron sudah ditempatkan pada lokasi yang tepat, 62% tidak setuju informasi pada videotron dapat dilihat dengan jelas walaupun sambil berkendara, 63% setuju konten videotron menarik, 52% setuju cahaya videotrin cukup mengganggu. Kemudian diharapkan ada peraturan pembatasan jumlah videotron di satu lokasi, batasan ukuran dan tinggi serta batasan penggunaan cahaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: videotron, keselamatan, pengguna jalan, gangguan berkendara.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:18
Last Modified: 14 Jan 2020 03:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20829

Actions (login required)

View Item View Item