STRATEGI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU KEPADA SISWA AUTISTIK DI SEKOLAH LANJUTAN AUTIS FREDOFIOS

PASARIBU, ROHANA (2020) STRATEGI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU KEPADA SISWA AUTISTIK DI SEKOLAH LANJUTAN AUTIS FREDOFIOS. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
KOM 004867.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM 104867.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
KOM 204867.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
KOM 304867.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM 404867.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

Strategi komunikasi instruksional merupakan cara dalam menyampaikan materi pengajaran kepada siswa dalam mencapai tujuan instruksional. Penelitian ini memiliki fokus pada strategi komunikasi instruksional guru kepada siswa autistik di SLA Fredofios Yogyakarta di mana siswa autistik mempunyai gangguan pada komunikasi, interaksi dan perilaku yang membuat guru harus mempunyai serta menggunakan cara-cara berbeda dari sekolah pada umumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi instruksional guru kepada siswa autistik di Sekolah Lanjutan Autis Fredofios berdasarkan konsep strategi komunikasi instruksional menurut Richmond, Wrench, dan Gorham dan menganalisis cara yang digunakan oleh guru SLA Fredofios berdasarkan empat komponen menurut Suparman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini menemukan bahwa strategi komunikasi instruksional di SLA Fredofios menggunakan cara berdasarkan karakteristik, kemampuan dan kebutuhan siswa autistik untuk dapat mencapai tujuan instruksional. Cara tersebut diberikan dengan pendekatan pembelajaran menggunakan PPI (Program Pembelajaran Individual), sehingga setiap siswa autistik mempunyai program, materi dan tujuan yang berbeda. Strategi komunikasi instruksional SLA Fredofios yang ditemukan yaitu dengan penyusunan urutan pengajaran, melalui struktur kegiatan, stuktur waktu, struktur ruang dan penggunaan media visual. Hasil model strategi komunikasi instruksional yang didapatkan dari penelitian ini yaitu guru mengawali kegiatan siswa autistik dengan membangun mood siswa terlebih dahulu agar siswa siap secara mental menerima pembelajaran.Struktur kegiatan yang terdiri dari step by step, ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan praktik merupakan metode nstruksional yang digunakan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Struktur ruang juga digunakan SLA Fredofios sebagai cara agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, di mana guru tidak memberikan banyak barang-barang dalam ruang kelas yang dapat mengalihkan dan mengganggu konsentrasi atau fokus siswa. Guru juga mempermudah siswa memahami materi dengan penggunaan media visual melalui gambar, alat peraga dan benda nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi instruksional, strategi komunikasi instruksional
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Sep 2021 14:03
Last Modified: 15 Sep 2021 14:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24762

Actions (login required)

View Item View Item