HAMBATAN DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN PADA OBJEK WISATA RIAM DAIT KABUPATEN LANDAK

MELATI, THERESA PUSPA (2021) HAMBATAN DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN PADA OBJEK WISATA RIAM DAIT KABUPATEN LANDAK. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (THERESA PUSPA MELATI)
170906207 1.pdf

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906207 2.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906207 3.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
170906207 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170906207 5.pdf

Download (790kB) | Preview

Abstract

Sektor pariwisata menjadi salah satu pendorong perekonomian nasional di Indonesia yang begitu menjanjikan. Perkembangan pariwisata di Indonesia saat ini dapat dilihat dari jumlah objek daya tarik wisata dan jumlah kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara yang semakin meningkat. Di Indonesia sendiri wisata alam menjadi tujuan wisata paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dan cukup mudah dijumpai. Salah satunya wisata alam yang ada di Kalimantan Barat, tepatnya Kabupaten Landak. Kondisi alam Kalimantan Barat yang masih alami, membuatnya memiliki banyak ekosistem dan ekowisata yang sangat menarik. Agar potensi objek wisata yang telah ada dapat berkembang dan dikenal oleh banyak orang, dibutuhkan suatu upaya serta tindakan dalam meningkatkan potensi pariwisata tersebut. Melalui Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010-2025. Pemerintah mencoba mendorong daerah untuk secara aktif melakukan suatu pembangunan guna mengembangkan objek daya tarik wisata yang ada menjadi destinasi tujuan pariwisata dengan menggunakan media pemasaran secara efektif, efisien dan bertanggung jawab. Namun dalam prosesnya biasa terdapat hambatan atau noise yang akan menghalangi ketepatan isi pesan yang disampaikan komunikator. Hambatan dalam sebuah komunikasi berpeluang untuk membuat pesan tidak tersampaikan dengan baik, sehingga tujuan dari komunikasi pun tidak akan tercapai dengan sempurna. Penelitian ini mengunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan suatu fenomena terkait hambatan dalam komunikasi pemasaran pada objek wisata Riam Dait Kabupaten Landak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada tujuh narasumber penelitian yaitu Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Landak dan wisatawan. Peneliti melakukan triangulasi sumber dengan mewawancara wisatawan yang pernah mengunjungi Riam Dait dan wisatawan yang belum pernah mengujungi Riam Dait. Hasil dalam penelitian ini adalah ditemukanya hambatan dalam komunikasi pemasaran pada objek wisata Riam Dait. Hambatan yang dtemukan berupa hambatan fisik, hambatan semantik dan hambatan psikologis. Hambatan fisik terjadi karena adanya pengaruh dari lingkungan dalam proses komunikasi berupa suara bising. Hambatan semantik terjadi karena adanya penggunaan bahasa daerah dalam menyampaikan pesan, sehingga pesan yang diterima tidak utuh. Sedangkan hambatan psikologis terjadi karena adanya penghalang dalam diri receiver yang memiliki pandangan atau cara menafsirkan pesan tersendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi pemasaran, hambatan, objek wisata Riam Dait
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 29 Oct 2021 13:09
Last Modified: 29 Oct 2021 13:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25120

Actions (login required)

View Item View Item