PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP NIAT UNTUK BERKUNJUNG KE CAFÉ TERAS PUTIH

Benaviro, Varian (2021) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP NIAT UNTUK BERKUNJUNG KE CAFÉ TERAS PUTIH. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Varian Benaviro)
140905462 1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140905462 2.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140905462 3.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text
140905462 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
140905462 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perusahaan harus mengkomunikasikan produk atau jasa yang dijual kepada khalayak. Salah satu cara untuk mengkomunikasikan produk atau jasa perusahaan adalah dengan melakukan promosi penjualan. Promosi penjualan yang menarik akan memberikan stimuli pada peningkatan niat beli / niat berkunjung khalayak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh promosi penjualan terhadap niat berkunjung ke café Teras Putih. Teori yang digunakan terdiri dari teori Stimulus-Respon (S-R). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei pada 100 konsumen yang pernah mengunjungi café Teras Putih. Penelitian dilakukan pada bulan April tahun 2021. Metode sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan ciri sampel adalah khalayak yang pernah melihat promosi penjualan café Teras Putih di media sosial minimal sebanyak 3 kali dalam 6 bulan terakhir. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) Promosi penjualan memiliki hubungan yang kuat (R = 0,779) dengan niat berkunjung. 2) Promosi penjualan mampu memprediksi (mempengaruhi) 60,5% perubahaan niat berkunjung. 3) Promosi penjualan (beta = 0,891; p = 0,000) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan (p = 0,000) terhadap niat berkunjung. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa promosi penjualan yang baik dan menarik secara nyata berkontribusi untuk meningkatkan niat kunjungan khalayak. Perusahaan harus menerapkan berbagai macam strategi promosi penjualan yang tepat untuk meningkatkan niat kunjungan klahalak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: promosi penjualan, niat berkunjung, café Teras Putih.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 11 Nov 2021 11:14
Last Modified: 11 Nov 2021 11:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25285

Actions (login required)

View Item View Item