KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM UPAYA PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS SAMPAH RUMAH TANGGA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

OKTIVANI, VERNANDO RONY (2019) KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM UPAYA PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS SAMPAH RUMAH TANGGA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (VERNANDO RONY OKTIVANI)
17 52 02707_0.pdf

Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 52 02707_1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 52 02707_2.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
17 52 02707_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
17 52 02707_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img]
Preview
Text
17 52 02707_5.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini mengenai Kebijakan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Upaya Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mengkaji kebijakan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam upaya pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga. Penelitian menggunakan pendekatan politik hukum, teori kebijakan publik, dan teori politik hukum. Bahan hukum primer yang digunakan berupa peraturan perundang-undangan. Bahan hukum sekunder antara lain asas hukum, pendapat ahli hukum dan non hukum, serta dilakukan wawancara dengan narasumber dan studi kepustakaan. Metode analisis data sekunder dilakukan berdasarkan sistematisasi vertikal dan horizontal. Proses berpikir penilitian menggunkakan deduktif. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu Permasalahan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga di Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi persoalan penting yang harus segera ditangani. Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta merespon persoalan tersebut dengan membuat beberapa kebijakan guna mengatasi permasalahan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga. Kebijakan-kebijakan tersebut diantaranya adalah peningkatan pengawasan pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, baik dalam proses pengurangan sampah maupun penanganan sampah. Optimalisasi peran bank sampah dan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan juga menjadi salah satu kebijakan yang akan diambil oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Kebijakan Pemerintah, Sampah, Sampah Rumah Tangga Dan Sejenis Sampah Rumah Tangga .
Subjects: Magister Ilmu Hukum > Hukum Ketatanegaraan
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Nov 2021 10:23
Last Modified: 17 Nov 2021 10:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25339

Actions (login required)

View Item View Item