AKTIVITAS KOMUNIKASI PADA PROGRAM #MULAIDARILEMARI DI INSTAGRAM

PUTRI, MARIA VICENTSIA DWI (2021) AKTIVITAS KOMUNIKASI PADA PROGRAM #MULAIDARILEMARI DI INSTAGRAM. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MARIA VICENTSIA DWI PUTRI)
14 09 05275 0.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 09 05275 1.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 09 05275 2.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
14 09 05275 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img]
Preview
Text
14 09 05275 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gaya hidup masyarakat yang konsumtif dengan membeli pakaian baru secara impulsif membuat industri fast fashion semakin berkembang. Praktik dalam industri fast fashion sebenarnya dapat memberi dampak yang merusak lingkungan terutama dalam limbah dan sampah tekstil. Zero Waste Indonesia menginisiasi kampanye #TukarBaju yang di dalamnya terdapat program #MulaiDariLemari sebagai sebuah gerakan yang mengajak 5.000 orang untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat sehingga menumbuhkan persepsi yang positif terhadap gaya hidup fesyen berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi dan konsep aktivitas untuk menjelaskan aktivitas komunikasi pada program #MulaiDariLemari di Instagram. Pencarian data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah Project Officer #TukarBaju, dan Campaign Activation Manager #TukarBaju. Teknik analisis data yang digunakan Miles dan Huberman. Program #MulaiDariLemari merupakan sebuah komunikasi yang terstruktur dan memiliki tujuan yang ingin dicapai. Penelitian ini berfokus pada aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh komunitas Zero Waste Indonesia dengan menggunakan lima elemen komunikasi yaitu komunikator, pesan, media, penerima, dan efek. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas Zero Waste Indonesia tidak melaksanakan aktivitas komunikasi secara seutuhnya dengan mengabaikan efek sebagai elemen komunikasi dari program ini. Yang mana efek komunikasi yang diterima oleh komunikan dari pelaksanaan sebuah program komunikasi memainkan peranan penting sebagai tolak ukur keberhasilan sebuah program.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aktivitas komunikasi, #MulaiDariLemari, zero waste, instagram
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 02 Dec 2021 13:05
Last Modified: 02 Dec 2021 13:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25682

Actions (login required)

View Item View Item