PENERAPAN BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN DI KOPI RAWUH (Studi Deskriptif Kualitatif di Kopi Rawuh pada Masa Pandemi COVID-19 di Triwulan Pertama 2021)

ADHITYAS, GREGORIUS AGUNG SURYA (2021) PENERAPAN BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN DI KOPI RAWUH (Studi Deskriptif Kualitatif di Kopi Rawuh pada Masa Pandemi COVID-19 di Triwulan Pertama 2021). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GREGORIUS AGUNG SURYA ADHITYAS)
160906013 0.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906013 1.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906013 2.pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text
160906013 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB)
[img]
Preview
Text
160906013 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejak 12 Maret 2020, World Health Organization menyatakan wabah Coronavirus Disease (COVID 19) sebagai pandemi. Dilihat dari catatan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia keadaan pandemi berimbas negatif bagi pelaku UMKM di sektor makanan dan minuman. Di tengah keadaan yang tidak mudah, terdapat satu UMKM yang bergerak di bisnis kopi yang melakukan bauran komunikasi pemasaran dan berhasil memperluas lahan bisnisnya. Melalui temuan tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut bauran komunikasi pemasaran apa saja yang digunakan oleh Kopi Rawuh dan bagaimana itu direncanakan. Data dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dan dianalisis menggunakan cara penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara kepada pihak manajemen dan pelanggan Kopi Rawuh. Selain itu untuk menunjang kebutuhan data, peneliti melakukan observasi terhadap aktivitas tim Kopi Rawuh selama satu bulan. Penelitian ini membahas mengenai penerapan bauran-bauran komunikasi pemasaran yang dijalankan oleh Kopi Rawuh. Berdasarkan hasil penelitian, secara umum Kopi Rawuh sudah menjalankan bauran komunikasi pemasaran. Namun mengingat bahwa Kopi Rawuh merupakan bisnis berskala UMKM yang mana memiliki beberapa keterbatasan. Membuat dalam penerapannya bauran yang dijalankan Kopi Rawuh masih memiliki beberapa kekurangan. Walaupun memiliki beberapa kekurangan dalam penerapanya, namun usaha Kopi Rawuh menggunakan bauran komunikasi pemasaran dapat digunakan dalam bertahan bahkan berkembang di masa pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Penerapan Bauran Komunikasi Pemasaran, UMKM Bertahan di Masa Pandemi.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 11 Feb 2022 14:28
Last Modified: 11 Feb 2022 14:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26300

Actions (login required)

View Item View Item