BENTUK KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SLB NEGERI PATI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNARUNGU SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19

YOSEPHINE, HERRY FRANSISKA (2022) BENTUK KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SLB NEGERI PATI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNARUNGU SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HERRY FRANSISKA YOSEPHINE)
170906241 0.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906241 1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906241 2.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
170906241 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img]
Preview
Text
170906241 4.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Motivasi menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam proses pembelajaran. Dalam meningkatkan motivasi belajar, guru dapat menggunakan komunikasi interpersonal untuk memberikan stimulus pada siswa, termasuk siswa tunarungu. Setelah adanya pandemi Covid-19 proses pembelajaran diubah menjadi daring. Padahal faktor keberhasilan komunikasi interpersonal guru dan siswa terlihat ketika proses belajar mengajar di sekolah. Hal itu juga berdampak pada siswa tunarungu Sekolah Luar Biasa Negeri Pati, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk komunikasi interpersonal yang digunakan guru SLB Negeri Pati dalam meningkatkan motivasi belajar selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara. Wawancara dilakukan dengan guru SLB Negeri Pati yang mempunyai klasifikasi lulusan Pendidikan Luar Biasa (PLB), dan sudah bekerja lebih dari tiga tahun. Selain itu juga dengan orang tua siswa, yang memiliki klasifikasi, dimana orang tua dan anak berperan aktif selama pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk komunikasi interpersonal yaitu komunikasi total (verbal dan nonverbal), tapi selama pembelajaran daring secara teknis komunikasi non verbal kurang bisa disampaikan dengan baik. Ada 5 pendekatan yang digunakan guru SLB Negeri Pati yaitu pendekatan situasional, fungsional, informatif, dialogis, dan persuasif. Selama pembelajaran daring motivasi cenderung menurun, komunikasi interpersonal guru dan siswa tergolong jarang dilakukan. Lalu, bentuk komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tunarungu selama pembelajaran daring, tidak jauh berbeda dengan proses pembelajaran ketika luring, dan tidak ada perbedaan yang jelas dengan siswa pada umumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Komunikasi Interpersonal, SLB, motivasi, pandemi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 17 May 2022 10:11
Last Modified: 17 May 2022 10:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26783

Actions (login required)

View Item View Item