Pengembangan Strategi Bisnis Creativepreneur Berbasis Review Pelanggan Menggunakan SWOT-AHP

Dicinta, Mutiara (2022) Pengembangan Strategi Bisnis Creativepreneur Berbasis Review Pelanggan Menggunakan SWOT-AHP. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Mutiara Dicinta)
19 56 03158 0.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 56 03158 1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 56 03158 2.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text
19 56 03158 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text
19 56 03158 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19 56 03158 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text
19 56 03158 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19 56 03158 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
19 56 03158 8.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi membawa dampak positif dengan membuka peluang bisnis. Creativepreneur menjadi salah satu industri kreatif yang tumbuh dengan adanya perkembangan teknologi informasi. Hal ini juga menyebabkan bertambahnya persaingan di pasar. E-commerce menjadi sarana jual beli online yang muncul dari adanya perkembangan teknologi. Persaingan di e-commerce meningkat karena adanya review pelanggan yang memiliki pengaruh dalam keputusan pembelian. Strategi bisnis perlu disusun oleh pelaku bisnis untuk menghadapi persaingan. Strength Weakness Opportunities Threat (SWOT) merupakan metode kualitatif yang dapat digunakan untuk mengembangkan strategi bisnis. Kelemahan analisis SWOT dapat dilengkapi dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai metode kuantitatif yang disempurnakan dengan berbasis review pelanggan. Pengembangan strategi bisnis Toko Oci dilakukan dengan menerapkan kolaborasi Strength Weakness Opportunities Threat (SWOT) – Analytical Hierarchy Process (AHP) berdasarkan review pelanggan di e-commerce. Pengembangan strategi dengan analisis SWOT mengidentifikasikan faktor internal dan eksternal bisnis dengan melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada berdasarkan hasil text mining review pelanggan. Hasil text mining akan digunakan sebagai input dalam analisis Importance- Performance Analysis (IPA) untuk mengidentifikasikan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi Toko Oci yang kemudian akan disusun alternative strategi. AHP mengidentifikasikan perbandingan hubungan antar faktor sampai dengan alternative strategi yang ada. Metode ini dapat digunakan untuk memililih alternative strategi dan menemukan strategi terbaik berdasarkan trade-off. Hasil penelitian menunjukan Aspek penilaian pelanggan terhadap produk kreatif secara berurutan dari yang paling penting adalah Aesthetics, Performance, Conformance, Perceived Quality, Tangibles, Reliability Service, Empati, Assurance. Hasil identifikasi faktor eksternal dan internal menunjukkan Toko Oci memiliki 6 kekuatan, 4 kelemahan, 4 peluang, dan 6 ancaman, Analisis SWOT menghasilkan 8 alternatif strategi bagi Toko Oci. Strategi prioritas memiliki skor tertinggi 0,222 berdasarkan analisis dengan AHP adalah alternative strategi Pengembangan gambar produk sesuai dengan minat pelanggan. Usulan perbaikan strategi diteliti lebih lanjut dengan menggunakan conjoint analisis untuk menentukan faktor yang mempengaruhi pilihan pelanggan terhadap gambar produk. Atribut tema berpengaruh 66,67% lebih tinggi dibandingkan warna gambar yang berpengaruh sebesar 33,33%. Paduan tema dan warna gambar yang diminati pelanggan adalah tema karakter dengan warna minimalis atau terdiri dari 2-8 warna.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Review Pelanggan, Creativepreneur, IPA, SWOT, AHP
Subjects: Magister Teknik Industri > Business Analytics
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 May 2022 09:21
Last Modified: 19 May 2022 09:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26837

Actions (login required)

View Item View Item