AKTIVITAS KOMUNIKASI BUDAYA DALAM MEMBANGUN PRODUK KOLABORASI SINGLE OLSKI DAN KOREKAYU

PRATAMA, EUGENIUS NOVIANTA ARNO (2022) AKTIVITAS KOMUNIKASI BUDAYA DALAM MEMBANGUN PRODUK KOLABORASI SINGLE OLSKI DAN KOREKAYU. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EUGENIUS NOVIANTA ARNO PRATAMA)
15 09 05686 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 09 05686 1.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 09 05686 2.pdf

Download (807kB) | Preview
[img] Text
15 09 05686 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img]
Preview
Text
15 09 05686 4.pdf

Download (522kB) | Preview

Abstract

Aktivitas komunikasi merupakan proses berkomunikasi kegiatan seseorang atau sekelompok orang untuk memperoleh informasi. Penelitian ini membahas mengenai budaya musik pop dan industri dalam produk kolaborasi Olski dan Korekayu. Aktivitas komunikasi budaya Olski dan Korekayu dalam membangun produk kolaborasi penting untuk diteliti guna mengetahui bagaimana penerimaan pesan dan perkembangan industri musik terkait produk kolaborasi, dengan mengetahui aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh Olski dan Korekayu, dapat menjadi referensi untuk melihat terciptanya perkembangan budaya musik pop terkait kolaborasi Olski dan Korekayu. Aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh kelompok band mempengaruhi sosiokultural dan berhubungan dengan konteks kebudayaan. Hal ini yang akan menciptakan budaya dan industri yang baru diranah musik pop. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan aktivitas komunikasi budaya musik pop dalam membangun produk kolaborasi single Olski dan Korekayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Observasi dilakukan dengan mencatat data informasi melalui fenomena yang dilakukan oleh narasumber dan wawancara dilakukan dengan narasumber masing - masing anggota kelompok Olski dan dan Korekayu. Penelitian ini memiliki hasil yang di dapat yaitu, aktivitas komunikasi dan perkembangan industri musik pop memiliki peran penting dalam membentuk gaya baru dalam budaya musik. Standarisasi dalam industri musik akan keluar dari pakemnya sehingga membentuk budaya musik pop dengan gaya yang baru . Aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh anggota band dan kelompok eksternal menentukan tujuan dan harapan bagi keberhasilan produk kolaborasi, namun masih terdapat anggota yang pasif dalam proses aktivitas komunikasi. Penelitian ini juga memperlihatkan dengan adanya elemen - elemen komunikasi melalui proses perkembangan budaya musik pop dapat mempengaruhi tujuan dan pengalaman antar anggota dalam menciptakan produk kolaborasi. Kata kunci: Aktivitas komunikasi, budaya musik pop dan kolaborasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas komunikasi, budaya musik pop dan kolaborasi.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 16 Aug 2022 12:51
Last Modified: 16 Aug 2022 12:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27179

Actions (login required)

View Item View Item