CLUSTERING DATA MINING UNTUK EFEKTIVITAS PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL PADA UMKM DI KOTA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-MEANS

Yudhistira, Yosia Galih (2022) CLUSTERING DATA MINING UNTUK EFEKTIVITAS PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL PADA UMKM DI KOTA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-MEANS. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Yosia Galih Yudhistira)
180709971_Bab 0.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180709971_Bab 1.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180709971_Bab 2.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
180709971_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
180709971_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[img] Text
180709971_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img]
Preview
Text
180709971_Bab 6.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu pendorong perekonomian di Indonesia, sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM memberikan kontribusi sebesar 8.579.89 triliun bagi Produk Domestik Bruto (PDB). Bagi Daerah Istimewa Yogyakarta, pertumbuhan UMKM mengalami peningkatan sebesar 4.12% pada triwulan 1 2021. Seiring dengan peningkatan yang terjadi pada UMKM maka dibutuhkan suatu cara inovasi untuk dapat bersaing dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu cara tersebut adalah dengan melakukan promosi produk melalui media sosial. Media sosial sebagai efek dari perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang besar dalam penyebaran informasi yang cepat. Meskipun begitu, tingkat efektivitas melakukan promosi pada media sosial ditentukan oleh korelasi antara promosi yang dilakukan dengan tingkat pembelian serta pendapatan yang diperoleh oleh UMKM. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan tingkat korelasi antara promosi produk melalui media sosial dengan pendapatan yang diperoleh UMKM serta untuk melihat tingkat efektivitas promosi produk yang diperoleh UMKM. Penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi berganda doulittle serta metode clustering menggunakan algoritma fuzzy c-means. Melalui perhitungan teknik analisis korelasi berganda doulittle akan diperoleh tingkat korelasi antara promosi produk yang dilakukan dengan pendapatan yang diperoleh. Selain itu, melalui metode clustering akan membagi UMKM ke dalam suatu kelompok untuk menentukan tingkat efektivitas promosi produk melalui media sosial. Data yang digunakan yaitu data hasil kuesioner dengan variabel jumlah pengikut pada media sosial, rata-rata penonton promosi, rata-rata promosi dalam waktu mingguan, rata-rata balasan promosi, rata-rata penjualan harian, rata-rata keuntungan harian, serta rata-rata pendapatan bulanan. Jumlah dataset yang digunakan dalam penelitian yaitu 100 data. Hasil penelitian dengan menggunakan 7 variabel yang diterapkan dalam perhitungan, maka diperoleh tingkat korelasi antar variabel yang dinyatakan dalam uji F hitung sebesar 68.093 dimana hasil tersebut lebih besar jika dibandingkan uji F tabel dengan taraf 5% sebesar 2.2. Sehingga menunjukkan jika promosi produk melalui media sosial memberikan pengaruh terhadap penjualan serta pendapatan yang diperoleh oleh UMKM. Selain itu, hasil perhitungan menggunakan fuzzy c-means diperoleh sebuah pusat cluster berupa matriks Vkj serta 2 buah cluster dengan tingkat efektivitas yang berbeda. Pada cluster 1 diperoleh tingkat efektivitas sebesar 56.55 dan cluster 2 sebesar 90.11%. Setelah mengetahui tingkat efektivitas pada setiap cluster maka dapat menentukan cluster mana yang lebih efektif dalam melakukan promosi produk melalui media sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Clustering, Promosi, Media Sosial, Korelasi Berganda Doulittle, Fuzzy C-Means.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 17 Aug 2022 14:04
Last Modified: 17 Aug 2022 14:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27189

Actions (login required)

View Item View Item