STRATEGI KOMUNIKASI SAYAPILIHBUMI DALAM MENINGKATKAN KESADARAN GENERASI Z PADA PENGELOLAAN SISA KONSUMSI (Studi Kasus kegiatan ‘Barter.in: Gerakan Saling Bertukar’)

NARISWARI, MARIA (2022) STRATEGI KOMUNIKASI SAYAPILIHBUMI DALAM MENINGKATKAN KESADARAN GENERASI Z PADA PENGELOLAAN SISA KONSUMSI (Studi Kasus kegiatan ‘Barter.in: Gerakan Saling Bertukar’). S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
180906507 0.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text (MARIA NARISWARI)
180906507 1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906507 2.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
180906507 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180906507 4.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Perubahan trend atau gaya hidup masyarakat yang cepat dalam industri tekstil mengakibatkan munculnya fenomena fast fashion. Hal tersebut secara tidak langsung dapat memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Dibutuhkan suatu kesadaran dan upaya dalam mengelola sisa konsumsi dalam industri teksil. Penelitian ini akan membahas mengenai strategi komunikasi yang dilakukan oleh SAYAPILIHBUMI sebagai sebuah media yang mengangkat mengenai isu atau permasalah lingkungan. Selain itu, SAYAPILIHBUMI juga memberikan solusi untuk dapat meningkatkan kesadaran dari generasi Z untuk mengelola sisa konsumsi dalam industri tekstil dengan membuat sebuah kegiatan atau social movement. Penelitan ini menggunakan teori komunikasi berkelanjutan, teori komunikasi dan peningkatan kesadaran dan teori strategi komunikasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh SAYAPILIHBUMI dalam meningkatkan kesadaran generasi Z pada pengelolaan sisa konsumsi, khususnya dalam kegiatan Barter.in: Gerakan Saling Bertukar. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SAYAPILIHBUMI menggunakan media sosial dan sebuah social movement untuk dapat meningkatkan kesadaran generasi Z terkait dengan pengelolaan sisa konsumsi. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh SAYAPILIHBUMI dalam kegiatan Barter.in disusun menggunakan tujuh langkah yaitu memilih dan menetapkan komunikator, menetapkan target sasaran dan analisis kebutuhan khalayak, teknik menyusun pesan, memilih saluran komunikasi, produksi media, penyebarluasan media komunikasi, dan evaluasi. Ketujuh strategi komunikasi tersebut diimplementasikan oleh SAYAPILIHBUMI agar kesadaran generasi Z pada pengelolaan sisa konsumsi dalam industri tekstil meningkat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: lingkungan berkelanjutan, strategi komunikasi, media sosial, social movement.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 26 Jan 2023 10:18
Last Modified: 26 Jan 2023 10:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28295

Actions (login required)

View Item View Item