PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI SERAYU YOGYAKARTA SELAMA PANDEMI COVID-19 PERIODE NOVEMBER 2021 – MEI 2022

FALLEN, JULIO (2023) PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI SERAYU YOGYAKARTA SELAMA PANDEMI COVID-19 PERIODE NOVEMBER 2021 – MEI 2022. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (JULIO FALLEN)
16 09 05902 0.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 09 05902 1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 09 05902 2.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
16 09 05902 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img]
Preview
Text
16 09 05902 4.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran komunikasi interpersonal yang terjalin antara orang tua dan anak dalam menumbuhkan motivasi belajar pada siswa SD Negeri Serayu Yogyakarta selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan pada periode November 2021 sampai 2022 saat kegiatan belajar di SDN Serayu dilaksanakan secara daring atau online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi sebagai alat pengambilan data, sehingga peneliti akan mendapatkan hasil narasi dari wawancara berupa transkrip wawancara dengan enam orang narasumber yang masing-masing di antaranya berperan sebagai siswa, guru, dan orang tua murid. Data yang peneliti peroleh diolah secara naratif sehingga menghasilkan tulisan tentang komunikasi interpersonal. Melalui penelitian ini, peneliti menemukan bahwa komunikasi interpersonal yang terbentuk memiliki peran yang sangat penting dalam membangun motivasi belajar pada anak selama pembelajaran daring. Perputaran informasi yang terjadi antara anak dengan orang tua, orang tua dengan guru, dan guru dengan anak dapat berlangsung karena komunikasi interpersonal yang terjalin antara satu pihak dengan pihak yang lain karena dengan interaksi interpersonal, fungsi komunikasi dapat terwujud seperti dalam menyampaikan informasi, memecahkan masalahmasalah yang terjadi selama kelas online, sebagai wujud edukasi, dan fungsi lainnya yang berbeda-beda dalam tiap komunikasi yang terjalin antar pihak sehingga dengan komunikasi interpersonal yang terjadi secara tatap muka atau dengan media online, guru, orang tua, dan siswa dapat mewujudkan pengembangan motivasi belajar anak selama pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, media sosial, daring, motivasi belajar
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 17 Feb 2023 08:44
Last Modified: 17 Feb 2023 08:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28444

Actions (login required)

View Item View Item