PROSES PERENCANAAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EBONI WATCH DENGAN ANALISIS SOSTAC PADA MASA PANDEMI COVID-19

YULIASTUTI, BENEDICTA (2023) PROSES PERENCANAAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EBONI WATCH DENGAN ANALISIS SOSTAC PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
180906517 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906517 1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906517 2.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906517 3.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906517 4.pdf

Download (702kB) | Preview

Abstract

Adanya COVID-19 mengakibatkan sebagian besar bisnis UMKM terdampak negatif dengan adanya kebijakan PPKM. Salah satu bisnis yang terimbas adalah Eboni Watch yang merupakan sebuah merek jam tangan kayu. Eboni Watch kemudian melakukan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan selama pandemi COVID-19. Strategi inilah yang membuat Eboni Watch dapat mengembalikan keadaan yang sempat menurun. Berlandaskan situasi tersebut, maka penelitian ini membahas perencanaan strategi komunikasi pemasaran Eboni Watch dengan analisis SOSTAC pada masa pandemi COVID-19. Penelitian dilaksanakan dengan metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan teori komunikasi pemasaran menggunakan konsep promotion mix dan SOSTAC. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa strategi komunikasi pemasaran Eboni Watch pada masa pandemi COVID-19 dilakukan dengan serangkaian perencanaan sebagaimana analisis SOSTAC. Strategi komunikasi juga memperhatikan situasi dan kondisi sehingga didalamnya terdiri dari 4 elemen promotion mix. Empat elemen promotion mix tersebut yaitu advertising, public relations, sales promotion, dan direct marketing. Melalui penelitian ini juga ditemukan kekurangan pada dimensi strategi dan aksi. Pada dimensi strategi diketahui bahwa pemetaan segmentasi masih terlalu luas. Sedangkan pada dimensi aksi Eboni Watch masih belum mengoptimalkan media lain selain Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Promotion Mix, SOSTAC, COVID-19
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 11 May 2023 21:03
Last Modified: 11 May 2023 21:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28980

Actions (login required)

View Item View Item