ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS : RUAS JALAN RING ROAD UTARA, YOGYAKARTA)

Sampurna, Kevin Putra (2021) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS : RUAS JALAN RING ROAD UTARA, YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Kevin Putra Sampurna)
160216332_Bab 0.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216332_Bab 1.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216332_Bab 2.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text
160216332_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
160216332_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
160216332_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
160216332_Bab 6.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan kendaraan di Yogyakarta tiap tahun mengalami peningkatan.dengan meningkatnya jumlah kendaraan akan mempengaruhi arus lalu lintas yang ada dan dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas terjadi. Ring Road Utara merupakan salah satu jalan arteri yang sering digunakan untuk berpergian ke luar kota maupun dalam kota. Jumlah kecelakaan yang terjadi pada Jalan Ring Road Utara cukup banyak terjadi sehingga perlu dilakukan analisis penyebab dan daerah rawan kecelakaan serta kondisi fasilitas pelengkap jalan yang ada pada Jalan Ring Road Utara. Data primer yang digunakan adalah kondisi fisik fasilitas pelengkap jalan pada daerah rawan kecelakaan. Data sekunder yang digunakan adalah data kecelakaan lalu lintas pada ruas Jalan Ring Road Utara tahun 2017 sampai dengan tahun 2019 yang didapat dari Ditlantas Polda DIY, Volume kendaraan pada ruas Jalan Ring Road Utara tahun 2017 sampai dengan tahun 2019 yang didapatkan dari Satker Pelaksanaan Jalan Nasional DIY kementrian PUPR RI, serta panjang tiap segmen jalan yang dihitung dengan cara membaca skala pada Google Maps. Metode yang digunakan untuk mengetahui letak daerah rawan kecelakaan adalah metode UCL (Upper Control Limit), dan BKA (Batas Kontrol Atas). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kecelakaan paling tinggi berada pada ruas simpang UPN – simpang tiga Maguwoharjo dengan rata – rata kecelakaan perkilometernya sebanyak 5,3659 kecelakaan/kilometer dan rata – rata kecelakaan per100JPKP(Juta Perjalanan Kendaraan Per-Kilometer) sebanyak 18,7289 / 100JPKP. Hasil dari analisis daerah rawan kecelakaan, blacklink berada pada ruas simpang UPN – simpang tiga Maguwoharjo. Faktor yang menyebabkan kecelakaan terjadi adalah faktor manusia. Alternatif yang dapat dilakukan untuk mengurangi / meminimalisir terjadinya kecelakaan adalah dengan memberikan batasan kecepatan serta memasang rambu rawan terjadi kecelakaan pada ruas jalan yang menjadi daerah rawan kecelakaan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan lalu lintas, Blacklink, Jalan, Kendaraan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 14 Jul 2023 19:06
Last Modified: 14 Jul 2023 19:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29327

Actions (login required)

View Item View Item